Tuesday, October 24, 2017

Fungsi Kuvet (Cuvette)

Kuvet
Kuvet merupakan alat gelas berbentuk balok dengan ukuran lebar sisi-sisinya 1 cm dan tinggi 5 cm. Kuvet terbuat dari bahan kursa. Kuvet digunakan untuk menempatkan larutantembus pandang yang akan di ukur nilai absorbansinya pada peralatan instrumen spektrofotometer ultra - violet.


Kuvet

Kuvet yang terbuat dari bahan kuarsa mempunyai kualitas yang lebih baik dari pada kuvet yang terbuat dari gelas. Kualitas kuvet dilihat dari banyak sedikitnya sinar yang diserap oleh kuvet tersebut. Semakin sedikit sinar yang diserap oleh kuvet tersebut. Kualitas kuvet semakin baik

Jenis lain dari kuvet jauh lebih mahal daripada kuvet plastik. Kuvet plastik sekali pakai dan dapat dibuang setelah menyelesaikan percobaan spektrometri untuk mencegah risiko dari menggunakan kembali kuvet dan merusak kuvet kuarsa yang mahal. Warna dan rentang UV dapat dianalisis dengan jenis kuvet ini. Kuvet berukuran terkecil mampu berisi 70µL, ukuran sedang mampu berisi 1.5mL dan 3.0mL, dan yang terbesar adalah untuk pengujian sampel dengan 2,5 mL atau lebih besar.


Ada beberapa jenis kuvet yang umum digunakan; setiap tipe memiliki panjang gelombang berbeda yang dapat digunakan di mana transparansi melebihi 80%:
  1. Kaca optis, memiliki jangkauan panjang gelombang optik 340-2,500nm yang mentransmisikan lebih dari 80% cahaya bersama dengan toleransi pencocokan 1% pada 350nm.
  2. Plastik, dengan panjang gelombang yang dapat digunakan pada 380 hingga 780 nm (spektrum tampak).
  3. Kuarsa leburan, dengan panjang gelombang di bawah 380 nm (spektrum ultraviolet).
  4. Kuarsa UV, dengan panjang gelombang yang dapat digunakan pada 190-2,500 nm, dan toleransi pencocokan 1% pada 220 nm.
  5. Kuarsa ES, dengan panjang gelombang yang dapat digunakan pada 190 hingga 2,000 nm, dan toleransi pencocokan 1% pada 220 nm.
  6. Kuarsa IR, dengan panjang gelombang yang dapat digunakan pada 220 hingga 3,500 nm, dan toleransi pencocokan 1% pada 2,730 nm.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Fungsi Kuvet (Cuvette) yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi dan fungsi alat lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon