Monday, October 30, 2017

Diskripsi Proses Hidrologi Air Dan Tanah

Symhd akan memprediksi aliran permukaan (run-off) pada level DAS berdasarkan data masukkan berupa hujan  dan data evapotranspirasi potensial. Di dalam simhyd hujan yang jatuh, pertama akan mengisi reservoir interepsi (Rainfall Interception / store capacity / RISC), yang akan dikosongkan setiap harinya oleh proses evaporasi. Intersepsi harian maksimum lebih kecil dari kapasitas penampung intersepsi dan avapotranspirasi potensial. Kelebihan air hujan yang menembus masuk ke dalam tanah (thoughfall) akan terjadi jika curah hujan melebihi kapasitas penampung intersepsi.

Hidrologi

Kelebihan hujan (rainfall escess) selanjutnya akan mengisi pori-pori tanah melalui proses infiltrasi. Dalam hal ini, suatu persamaan infiltrasi digunakan untuk menyatakan kapasitas infiltrasi tanah. Sisa air hujan yang melebihi kapasitas infiltrasi tanah akan menjadi aliran permukaan (infiltration excess run-off).

Selanjutnya, air yang terinfiltrasi akan terbagi menjadi tiga bagian yaitu : 

  1. Keluar sebagai aliran permukaan (interflow)
  2. Masuk kedalam reservoir air bawah tanah (soil moisture store)
  3. Sisanya mengisi reservoir pada lapisan tanah (soil moisture store). Interflow diestimasi sebagai fungsi linear dari tingkat kebasahan tanah (soil wetness)

Suatu fungsi kelembaban tanah akan membagi air infiltrasi yang tertampung menjadi 3 bagian, yaitu :
  1. Masuk dalam penampung kelembaban tanah (soil moisture store) untuk meningkatkan kelembaban tanah
  2. Mengalir sebagai interflow yang akan mengalir ke sungai
  3. Mengisi penampung air tanah (ground water store / recharge

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Diskripsi Proses Hidrologi Air Dan Tanah yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon