Monday, October 30, 2017

Contoh Ascomycetes Yang Terkenal Pada Salah Satu Jamur

Jamur ini mempunyai miselium yang bersekat-sekat. Pembiakan secara vegetatif dilakukan dengan konida, sedang pembiakan secara generatif dilakukan dengan spora-spora yang dibentuk didalam askus terdapat didalam suatu tubuh buah. Pada umumnya askus itu sutu ujung hifa , yang mengandung 4 atau 8 buah spora. Contoh - contoh Ascomycetes yang terkenal ialah :


1. Aspergillius
Jamur ini kedapatan di mana-mana sebagai saprofit . Koloni yang sudah menghasilkan spora warnanya menjadi coklat kekuning-kuningan , kehijau-hijauan atau kehitam-hitaman, miselium yang semula berwarna putih sudah tidak tampak lagi. Makanan kita yang kita biarkan terbuka mudah sekali dihinggapi Aspergillu ini. Aspergillus Fumigatus menyebabkan penyakit paru-paru pada hewan dan kadang-kadang juga pada manusia.

Aspergillus dan Penicillium

2. Penicillium
Jamur ini serupa dengan Aspergillus. Hanya dengan pengamatan mikroskop akan kelihatan perbedaannya, dan perbedaan itu terletak dalam susunan konidianya.


Spesiaes yang terkenal ialah Panicillium notatum , panicillium chrysogenum, karena keduanya menghasilkan zat antibiotik penisilin. Penicilium roqueforti dan penicillium camenberti adalah spesies yang digunakan dalam pembuatan keju.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Contoh Ascomycetes Yang Terkenal Pada Salah Satu Jamur yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon