Monday, October 16, 2017

Beberapa Senyawa Kimia Yang Digunakan Sebagai Cairan Pencuci

Di laboratorium , kegiatan pencucian, umumnya ditujukan pada peralatan / instrumen , atau benda lainnya yang terbuat dari gelas. Pengetahuan tentang sifat dari suatu bahan atau zat (seperti daya larut didalam suatu pelarut, sifat kepolaran dan kereaktifitannya) serta pengetahuan tentang berbagai tipe reaksi kimia, dapat diterapkan dalam proses pencucian terhadap berbagai benda yang terbuat dari gelas. Kebersihan peralatan/instrumen dari gelas yang terlibat langsung dalam percobaan sangat menentukan  sifat kejelasan data pengamatan dan ketetapan dari kesimpulan / hasil percobaan.

Larutan Pencuci


Berikut adalah 2 contoh cairan pencuci yang sering digunakan dalam praktikum kimia pada umumnya :

1. Aseton
Noda berupa tinta dari spidol dapat dengan mudah dihilangkan dengan menggosokkan kain lap yang dibasahi dengan aseton (CP-12; teknis) jangan melakukan tindakan ini di dekat nyala api. Lemak atau minyak dapat dihilangkan dengan cara susutkan dulu lapisan lemak.minyak dengan kain lap sampai tinggal setipis mungkin, lalu bersihkan dengan kainlap bersih yang dibasahi dengan pelarut lemak/minyak yang sesuai (umumnya berupa pelarut organik seperti alkohol atau eter). Jika lemak/minyak ini belum hilang seluruhnya , dapat digunakan CP-11.


2. Isopropil Alkohol
Untuk membersihkan lensa dapat digunakan cairan isopropil-alkohol 98 - 99% (CP-13; teknis). Basahi permukaan lensa dengan 1 tetes cairan ini kemudian sebarkan merata dengan kain lembut (dari bahan kaos) beberapa lama. Kemudian gosok perlahan secara memutar dengan kain lembut bersih.

Bukan tidak mungkin, suatu kotoran atau noda tidak hilang oleh penggunaan satu jenis CP (cairan pencuci). Untuk ini dapat diteruskan dengan menggunakan CP lainnya sesuai dengan jenis dan sifat noda yang diperkirakan. Penting sekali melakukan perkiraan awal tentang jenis dan sifat kotoran atau noda yang melekat pada peralatan dari gelas agar memudahkan untuk memilih CP yang akan diterapkan. Dengan demikian, dapat dihindarkan pemborosan dalam pemakaian bahan, dan waktu.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Beberapa Senyawa Kimia Yang Digunakan Sebagai Cairan Pencuci yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon