Tuesday, October 31, 2017

Bakteri Kolon Yang Terdapat Didalam Susu

Pengujian Tentang Adangay bakteri kolon
Bakteri kolon yang biasanya kedpatan di dalam air susu ialah genus Escherihia dan genus Aerobacter. Jika bakteri ini kedapatan di dalam air susu yang belum dipasteurisasi kan, hal ini menandakan adanya kontaminasi dengan faeses entah langsung, entah tidak langsung karena alat-alat yang kotor.

Susu Dalam Kemasan

Pada umunya bakteri kolon itu lekas mati setelah air susu dipasteurisasikan. Maka jika terdapat bakteri tersebut di dalam air susu yang telah dipasteurisasikan lebih dahulu, hal ini menunjukkan adanya kontaminasi dengan perantaraan insekta, misal lalat,semut atau yang lain. Cara mengerjakkan pengujian itu sebagai berikut :


  1. Didalam tabung fermentasi yang diisi dengan medium cair berupa empedu-laktosa bercampur hijau-berlian diteteskan 1 ml atau 10 ml air susu yang akan diselidiki. Jika 48 jam kemudian daripada itu di dalam ujung tabung fermentasi smith kelihatan ada gelembung gas, maka hal yang demikian itu merupakan bukti adanya bakteri kolon.
  2. Tes dapat juga dilakukan dengan meratakan 1 ml air susu kepada permukaan medium agar-agar lempengan yang mengandung empedu ungu merah. Jika setelah 10 sampai 24 jam kemudian tampak koloni-koloni berwarna merah dengan diameter paling sedikit 0,5 mm, maka hal itu menunjukkan adanya bakteri kolon, dibeberapa negara tertentu , ketentuan mengenai mutu air susu dalam hubungannya dengan bakteri kolon dinyatakan sebagai berikut :
"Air susu dinyatakan baik , jika jumlah bakteri kolon per ml air susu yang tidak dipasteurisasikan tidak melebihi 10"



Nah itulah sedikit pembahasan tentang Bakteri Kolon Yang Terdapat Didalam Susu yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon