Tuesday, October 3, 2017

7 Alat Yang Digunakan Dalam Keselamatan Kerja Laboratorium

Pada setiap ruangan laboratorium tempat praktikum hendaknya selalu tersedia peralatan keselamtan kerja. Peralatan keselamatan kerja minimal adalah alat pemadam api ringan (APAR), peralatan pencuci muka dan mata (eye wash), dan peralatan mandi guyur (shower), Berikut adalah beberapa kegunaan dari alat keselamatan kerja yang sering kita jumpai di setiap laboratorium.




1.Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
Alat Pemadam Api Ringan (APAR) merupakan peralatan pertolongan pertama dalam menangani bahaya kebakaran. 
Tabel Spesifikasi Alat Pemadam Api Ringan  

Apar

Tabel Spesifikasi Alat Pemadam Api Ringan

A : Kayu, Kertas
B : Minyak, bensin, alkohol
C : Plastik, Karet
E : Logam
F : Kayu,Logam,Plastik

2.Safety Shower 
Macam-macam bentuk pengaman siraman (Shafety shower) yang pada umumnya terdapat dilaboratorium adalah sebagai berikut :
Pengaman siraman dengan pipa besi vertical dan shower mandiri.
Pengaman siraman (Safety shower) merupakan perangkat keselamatan kerja di laboratorium yang berfungsi untuk alat keselamatan ini selalu terpasang pada dinding dan bersifat permanen. Tinggi peralatan yang standar adalah 190-200cm. Pada bagaian atas terdiri dari shower , yaitu tempat keluar air pada saat peralatan ini digunakan. Sementara pada jarak dari lantai sekitar 150 cm, terdapat alat menarik tuas sehingga air dapat mengucur. Peralatan safety shower ini di gunakan sebagai pertolongan darurat apabila ada orang yang bajunya terbakar. Apabila korban mampu untuk berlari menuju ke tempat safety shower maka hendaklah korban berlari sendiri. Namun apabila korban tidak mampu berlari, maka teman yang berada di dekatnya harus menuntun korban kea rah safety shower


3.Pencuci Mata (Eye wash)
Pencuci Mata (Eye wash) mempunyai berbagai macam bentuk. Pada umumnya bentuk-bentuk peralatan pencuci mata terdapat di laboratorium kimia adalah sebagai berikut :
Pencuci mata mandiri, tertanam dilantai

Pencuci mata yang melekat pada dinding laboratorium
Pencuci mata digunakan untuk mencuci mata atau muka jika terkena bahan kimia. Pencucian muka atau mata terkena percikan cairan bahan kimia. Air dari pencuci mata dialirkan selama mungkin untuk menghilangkan  sisa-sisa cairan bahan kimia yang menempel. Alat keselamatan kerja ini harus diperiksa secara berkala  tentang kelayakan fungsinya. Apabila diketahui bahwa peralatan keselamatan kerja ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka harus segera dilaporkan  kepada pihak pimpinan atau pengelola laboratorium kimia.


4.Almari Asam (Fume Hood)
Almari asam merupakan bagian dari peralatan keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium kimia. Peralatan ini menyerupai almari dan pintunya dapat dibuka dengan cara digeser naik turun. Bagian pintu depan terbuat dari kaca sehingga  pengguna dapat melihat langsung kedalam almari asam ini. Almari asam digunakan ketika pengguna laboratorium ingin  menambah zat-zat yang bersifat asam kuat dan mudah menguap seperti asam sulfat. Uap asam sulfat pekat sangat berbahaya apabila sampai terhirup melalui hidung.
Lemari Asam (Fume hood)
Prosedur pwnggunaan almari asam yang baik dan benar : 
  1. Sebelum menggunakan almari asam, pastikan bahwa udara bebas dapat masuk kedalam almari asam dan almari asam dapat berfungsi dengan baik.
  2. Jangan meletakkan suatu peralatan atau benda apapun yang dapat mengganggu masuknya udara ke dalam almari asam.
  3. Melakukan pekerjaan paling tidak berjarak 15cm dari pinggir almari asam.
  4. Jagalah kebersihan almari asam, segera singkirkan jika ada kotoran yang menempel pada bidang almari 
5.Sepatu pengaman
Sepatu merupakan peralatan keselamatan kerja pada bagian kaki. Sering kali dalam bekerja menggunakan bahan kimia cair, akan beresiko terkena tumpahan bahan kimia cair. Untuk itu dapat digunakan  sepatu sebagai alat pelindung kaki. Sepatu yang baik adalah sepatu yang dapat menutup sampai bawah lutut. Atu jika tidak memugkinkan, maka dapat juga digunakan sepatu yang sampai di atas mata kaki. Sepatu pengaman harus tertutup pada bagian atas telapak kaki, ini muntuk melindungi kaiki jika ada tumpahan bahan kimia dari atas meja.

Sepatu boot yang aman dipakai ketika bekerja di laboratorium
Sepatu biasa yang cukup aman untuk praktikum di laboratorium kimia.

6.Sarung Tangan
Sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dari kontak dengan bahan kimia baik bahan kimia cair maupun bahan kimia padat. Sarung tangan yang baik adalah yang menutup sampai bawah siku dan mempunyai kelenturan yang tinggi. Sarung tangan ada dua macam yaitu yang sekali dipakai secara berulang, tetapi ada juga yang dapat dipakai secara berulang. Terdapat juga sarung tangan yang terbuat dari bahan tahan bahan kimia seperti terbuat dari nitril, polivinil, klorida dan butil.

Sarung tangan yang terbuat dari karet Lateks
7.Kaca Mata Pengaman (Safety googles)
Kacamata (googles), digunakan untuk melindungi mata dari percikan bahan kimia pada saat bekerja di laboratorium kimia. Peralatan pengaman ini terbuat dari dari plastic tahan bahan kimia, sehingga aman digunakan walaupun terciprat oleh asam kuat atau basa kuat. Googles yang baik haruslah menutupi seluruh area mata dengan rapat. Di pasaran tersedia bermacam-macam Bentuk dan ukuran googles.

Ka mata pengaman (safety googles)

Nah itulah sedikit pembahasan tentang 7 Alat Yang Digunakan Dalam Keselamatan Kerja Laboratorium yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi dan fungsi alat lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon