Tuesday, October 10, 2017

4 Pencemar Utama Yang Terjadi Pada Tanah

Polutan / Pencemar di tanah
Beberapa polutan atau yang bisa kita sebut dengan pencemar terhadap tanah adalah sebagai berikut :

Polusi Tanah Yang Terjadi

1. Limbah Padat (sampah). 

Limbah padat meliputi bahan-bahan padatan buangan seperti kertas ,plastik,kayu,metal,kaca,sisa makanan,karet dan yang lainnya. Limbah / sampah ini meningkat jumlahnya setiap tahun dan seringkali menumpuk di lahan TPA (Tempat Pembuangan Akhir)


2. Logam Berat. 

Contoh logam berat yang dapat menjadi polutan di tanah adalah kadnium,timbal,kromium,tembaga,besi, dan nikel.
Pestisida


3. Pestisida
Pestisida adalah senyawa yang digunakan untuk membunuh mahluk hidup yang dianggap mengganggu oleh manusia. Pestisida dapat dibagi lagi berdasarkan organisme targetnya menjadi: 

  • Insektisida (pembunuh serangga)
  • Herbisida (pembunuh gulma/tumbuhan pengganggu)
  • Rodentisida (pembunuh hewan pengerat)
  • Fungisida (pembunuh jamur)
Pestisida sangat berguna untuk membantu meningkatkan jumlah panen atau mengontrol populasi organisme penyebab penyakit, namun penggunaan secara berlebihan dapat berdampak negatif bagi mahkluk hidup lain. Pestisida yang berdampak negatif bagi mahkluk hidup lain. Pestisida yang mencemari tanah dapat berdampak negatif secara langsung terhadap tumbuhan dan biota lainnya atau secara tidak langsung dengan mencemari air. Pestisida yang berbahaya terutama dari jenis yang memiliki efek luas dan sulit terurai sehingga keberadaannya di alam bersifat persistent (ada terus menerus) untuk waktu yang lama.


4. Nitrogen,Fosfat,dan Garam Mineral
Nitrogen,fosfat dan berbagai garam mineral merupakan unsur-unsur yang sangat diperlukan tumbuhan untuk pertumbuhan. Namun, jika keberadaannya di tanah berlebih, unsur-unsur tersebut dapat bersifat racun bagi tumbuhan.



Nah itulah sedikit pembahasan tentang 4  Pencemar Utama Yang Terjadi Pada Tanah yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon