Tuesday, September 26, 2017

Strategi Industri Dan Kriteria Untuk Memperoleh Mikroorganisme Dalam Memilih Mikroba

Strategi untuk memperoleh mikroorganisme yang sesuai dalam industri adalah memperolehnya dari lingkungan. Lingkungan yang paling umum adalah dari tempat produksi atau pada produk yang dihasilkan meskipun dapat pula diperoleh dari lingkungan lain seperti tanah,air,dan sebagainya. Namun, umumnya isolat selalu diperoleh dari lingkungan yang mendekati atau pada substrat tempat tumbuhnya. Oleh sebab itu untuk memperoleh isolat organisme yang digunakan untuk membuat kecap dapat diperoleh dari lokasi pembuatan kecap (tempat fermentasi jamur jika akan dicari jamurnya, dan dari fermentasi garam untuk isolasi bakteri dan khamir yang berperan ). Pengetahuan teori tentang organisme yang paling baik untuk suatu produk akan sangat membantu dalam memperoleh isolat yang diharapkan.



Setelah sampel diperoleh maka problem yang sering muncul adalah memilih media pertumbuhannya. Langkah pertama yang sering dilakukan adalah mematikan atau menghambat kontaminan yang sering ada. Kultur diperkaya sering digunakan untuk memacu pertumbuhan organisme yang diharapkan sehingga dapat diisolasi.

Isolat yang diperoleh kemudian dimurnikan dan ditumbuhkan pada media padat. Sebagai kultur sediaan digunakan media agar miring. Isolat yang diperoleh harus diuji terlebih dahulu terhadap kemampuan membuat produk yang diharapkan, senyawa-senyawa penghambat dan pemacu pertumbuhannya, kondisi lingkungan yang diharapkan untuk tumbuh dan berproduksi secara optimum dan sebagainya.


Prosedur isolasi dan seleksi ini lebih mudah dilakukan untuk proses dengan kultur tunggal dan umumnya dilakukan pada lembaga-lembaga penelitian dan perguruan tinggi . Industri umumnya menyerahkan sampel untuk diisolasi atau membeli isolate yang dimiliki instansi-instansi penelitian mikrobiologi . Diindonesia , perguruan tinggi yang menyediakan jasa kultur adalah :

  1. PAU Pangan
  2. Gizi UGM
  3. Institute Pertanian Bogor
  4. Institute Teknologi Bandung
  5. Universitas Indonesia
Selain itu juga beberapa balai penelitian sesuai dengan spesifikasinya.

Tahap pertama dalam penapihan mikroba yang potensial untuk diterapkan dalam industri adalah isolasi . Isolasi meliputi :
  1. Mendapatkan
  2. Memurnikan
  3. Identifikasi
  4. Pengujian Produksi
Oleh karena itu yang perlu diingat adalah bahwa isolat secara ekonomis menguntungkan dan seleksi kultur merupakan perpaduan antara produktivitas mikroba dan ekonomi proses.


Kriteria yang penting untuk memilih mikroba adalah :
  1. Karakteristik Nutrisi Mikroba, Dalam proses dibutuhkan medium yang sangat murah atau telah ditetapkan , misalnya menggunakan metanol sebagai sumber energi dalam hal ini dibutuhkan medium isolasi yang sesuai.
  2. Suhu Optimum Mikroba, Menggunakan mikroba yang mempunyai suhu optimum diatas 40 derajat celciuss sehingga mengurangi biaya pendinginan pada fermentasi skala besar sehingga menggunakan suhu tersebut untuk isolasi merupakan hal yang penting.
  3. Aksi Mikroba Terhadapa Peralatan Yang Digunakan, Dalam beberapa hal isolat dapat dicari dari alam sekitar namun dapat juga dari instansi yang melakukan koleksi kultur. Kultur hasil koleksi mempunnyai keuntungan karena telah diketahui karakteristiknya tetapi kemungkinan tidak memiliki sifat utama yang diharapkan . Berbeda halnya dengan isolat dari alam sekitar, isolat ini memiliki sifat yang diharapkan namun sulit untuk diisolasi sehingga berbiaya tinggi dan jarang digunakan.
Sumber isolat umumnya dari tanah. Hal ini dimungkinkan karena tanah mengandung berbagai unsur hara yang sangat kompleks sehingga bebagai isolat mungkin dapat diisolasi.Tahap berikutnya adalah melakukan seleksi, yang biasanya menggunakan tes sederhana atau menggunakan kriteria takson yang diketahui memiliki sifat yang sederhana, Kelemahan cara diharapkan sehingga prosedur menjadi lebih sederhana. Kelemahan cara terakhir ini adalah membuat kecil kemungkinan untuk  memperoleh isolat baru yang mengkin juga memiliki sifat yang diharapkan.



Nah itulah sedikit pembahasan tentang Strategi Industri Dan Kriteria Untuk Memperoleh Mikroorganisme Dalam Memilih Mikroba yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon