Wednesday, September 27, 2017

Perhitungan Jumlah Khamir Dan Jamur

Khamir dan jamur merupakan kelompok mikroorganisme yang terdiri dari beberapa ribu spesies . Banyak terdapat ditanah dan udara bersifat heterotrof dan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang beragam. Jamur umumnya mengontaminasi berbagai komoditi pangan , peralatan proses, dan fasilitas penyimpanan makanan.



Berbeda dengan bakteri, jamur dan sebagian khamir dapat tumbuh pada kisaran pH yang luas, mulai dibawah pH 2 hingga diatas pH 9. Banyak jamur yang mampu mengubah pH awal substrat sehingga menjadi sesuai bagi pertumbuhannya, yang biasanya antara pH 4,0 - 6,5. Kisaran pH pertumbuhan kebanyakan khamir dan jamur antara 5 derajat cellciuss hingga 35 derajat cellcius. Beberapa spesies mampu tumbuh diatas atau dibawah suhu tersebut. Kebanyakan jamur dan khamir yang ada pada makanan , seperti Zygosaccharomyces, Eurotium dan Xeromyces, dapat tumbuh pada makanan yang memiliki aktifitas air (aw) 0,85 atau lebih rendah. Kebanyakan jamur yang penting dalam makanan adalah aerob.


Khamir dan jamur dapat menyebabkan berbagai derajat dekomposisi pangan. Serbuan dan pertumbuhan dapat terjadi pada berbagai tipe makanan. Jika kondisi lingkungan tidak menjadi pembatas , komoditi seperti jagung, biji-bijian,kacang-kacangan dan buah berdaging dapat diserang pada saat pemanenan maupun selama penyimpanan . Pertumbuhan dapat juga terjadi pada makanan dan bumbu yang diproses. Dapat tidaknya serangan jamur terdeteksi tergantung pada tipe makanan  mikroorganisme yang terlibat, derajat serangan,dan metode analisis . Kenampakan makana yang terkontaminasi dapat berkisar dari tanpa cacat,sedikit cacat sampai dekomposisi sempurna . Pertumbuhan jamur dan khamir dapat berbentuk :

  1. Busuk lunak,
  2. Berlendir,
  3. Miselia berwarna putih atau lainnya,
  4. dan Spora. 
Tidak nampaknya pertumbuhan jamur bukan berarti jamur dan khamir tidak ada . Jumlahnya mungkin rendah atau tumbuh dibagian dalam. Beberapa jamur dan khamir yang ada pada makanan tidak diharapkan karena berpotensi membahayakan kesehatan manusia dan ternak. Sejumlah jamur dapat menghasilkan mikotoksin. beberapa khamir dan jamur dapat menginfeksi manusia dan ternak maupun menimbulkan reaksi alergi.



Nah itulah sedikit pembahasan tentang Perhitungan Jumlah Khamir Dan Jamur yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon