Friday, September 8, 2017

Pengertian Kultur Cair Diperkaya

Kultur cair diperkaya adalah teknik yang berhasil meningkatkan jumlah mikroba yang diinginkan sehingga menjadi lebih banyak dari pada mikroba lain dalam inokolum asli. Proses yang terjadi menghasilkan populasi campuran dan memberikan kondisi yang cocok untuk mikroba yang diharapkan. misalnya memberikan substrat khusus atau memasukkan penghambat tertentu. Modifikasi medium ini berbengaruh terhadap selektivitas mikroba namun dalam proses lebih lanjut akan terjadi sukresi yang akan diikuti oleh pertumbuhan mikroba lain . Untuk mengatasi hal tersebut biasanya pada periode tertentu harus diinokulasikan kembali kedalam medium segar. Hal ini dapat dilakukan berulang sampai mikroba yang dominan disolasidan ditumbuhkan dalam medium padat.


Umumnya organisme dalam kultur diperkaya akan tergantung pada besarnya laju pertumbuhan spesifik maksimum dibanding dengan laju pertumbuhan spesifik maksimum organisme lain yang mampu tumbuh dalam inokolum tersebut. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat perpindahan yang tepat agar organisme yang diharapkan dapat tumbuh lebih baik.


Masalah waktu perpindahan dan seleksi yang berdasarkan laju pertumbuhan spesifik maksimum mungkin dapat di atasi dengan menggunakan proses kontinu.

Teknik kontinu diperkaya terutama digunakan untuk isolasi organisme yang digunakan dalam proses aliran kontinu yang komersial. Organisme yang di isolasi oleh kultur diperkaya tertutup dan pemurnian pada media padat sering tidak baik jika diterapkan dalam kultur kontinu.

Kesulitan dalam menggunakan proses kontinu diperkaya adalah keluarnya inokolum sebelum kultur beradaptasi . Proses isolasi dapat dimulai dalam kultur tertutup menggunakan inokolum 20% dan diteliti pertumbuhannya. Kultur kemudian dipindah ke medium segar dan diumumkan serta stabilisasi pada kultur kontinu yang diperkaya. Sistem kontinu secara periodik diinokulasikan dengan tanah atau limbah yang tidak hanya berfungsi sebagai sumber isolasi tetapi juga dapat memastikan bahwa flora yang dominan adalah yang sangat resisten terhadap kontaminan.


Ada dua sistem yang dapat digunakan untuk mengatasi problem yang kedua inokolum pada proses isolasi secara kontinu. Pertama dengan menggunakan turbidostat dan yang kedua menggunakan kemostat dua tahap . 

Turbidostat adalah sistem alir kontinu yang dilengkapi dengan sel fotoelektrik untuk determinasi kekeruhan kultur dan mengatur kekeruhan antara awal dan akhir penambahan medium. Jadi pengeluaran akan mengatur masuknya medium . Penggunaan turbidostat akan menghasilkan seleksi berdasarkan  laju pertumbuhan spesifik maksimum sebagai pengatur pada nilai yang tinggi terhadap substrat pembatas . Kemostat dua tahap terdiri dari tahap pertama dalam kemostat digunakan sebagai inokolum kontinu untuk tahap kedua , dan dibuat pada fermentor yang mengandung medium dasar yang diinokulasikan dengan tanah. Peningkatan absorben sebagai hasil pertumbuhan diteliti pada tahap kedua.

Kontinu diperkaya juga dapat digunakan untuk isolasi organisme yang digunakan dalam sistem selain produksi biomas, misalnya isolasi isolat yang dapat mengurangi kadar racun dari parathion pada konsentrasi tinggi. 


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengertian Kultur Cair Diperkaya yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon