Thursday, September 28, 2017

Hal Yang Dapat Dijadikan Pegangan Untuk Terciptanya Praktikum Yang Selamat

Keselamatan kerja di laboratorium hendaknya menjadi perhatian utama. Pekerjaan merancang praktikum yang selamat dari bahaya lain yang mungkin timbul, harus dilakukan sebelum, selama, dan setelah praktikum. Sebelum melakukan praktikum, pastikan bahwa semua hal yang terkait keselamatan kerja telah dipenuhi. 



Selama praktikum hendaknya tetap pada rambu-rambu yang telah ditentukan demi terciptanya keselamatan kerja. Kemudian setelah selesai praktikum, adakanlah suatu evaluasi untuk menilaiu apakah pekerjaan yang baru saja diselesaikan tersebut betul-betul terhindar dari marabahaya kecelakaan kerja.



Beberapa hal yang dapat dijadikan pegangan untuk terciptanya praktikum yang selamat antara lain :
  1. Peralatan kerja ditempatkan sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu pekerjaan. Penataan peralatan yang mengganggu kerja dapat mengakibatkan kecelakaan yang dapat merusakkan peralatan tersebut dan juga membahayakan diri sendiri.
  2. Penataan lampu dan sumber cahaya sedemikian rupa sehingga seluruh ruangan berpotensi mendapat penerangan yang memadai. Jika suatu bagian ruangan terlalu gelap, dapat mengakibatkan seseorang menabrak atau menyenggol pelatan praktikum.
  3. Mesin atau peralatan yang berputar yang mengakibatkan getaran pada meja, jangan dipasang berdekatan dengan peralatan praktikum. Hal ini supaya peralatan aman dari getaran yang dapat menyebabkan peralatan goyang ataupun jatuh ke lantai.
  4. Jenis lantai dan permukaan meja hendaknya terbuat dari bahan yang tahan bahan kimia. Permukaan meja dan lantai yang tidak tahan bahan kimia akan cepat rusak dan menyebabkan peralatan-peralatan praktikum tidak dapat diletakkan dengan baik.
  5. Ventilasi atau vasilitas sirkulasi udara harus terjamin dan berfungsi dengan baik. Udara yang segar adalah udara yang sehat. Jika sirkulasi udara kurang maka uap bahan kimia tidak dapat segera keluar dari ruangan yang memungkinkan praktikum menghirup uap bahan kimia berbahaya.
  6. Pada setiap ruangan laboratorium tempat praktikum hendaknya selalu tersedia peralatan keselamtan kerja. Peralatan keselamtan kerja minimal adalah alat pemadam api ringan (APAR), peralatan pencuci muka dan mata (eye wash), dan peralatan mandi guyur (shower)


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Hal Yang Dapat Dijadikan Pegangan Untuk Terciptanya Praktikum Yang Selamat yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon