Saturday, September 23, 2017

Fungsi Labu Kjeldhl (Kjeldahl Flask)

Labu Kjeldahl
Labu kjeldahl terbuat dari bahan gelas atau pyrex, berbentuk seperti labu alas bulat akan tetapi mempunyai leher yang lebih panjang. labu Kjeldhl digunakan untuk destruksi bahan makanan pada proses penentuan kadar protein. Labu Kjeldhl khusus digunakan untuk destruksi makanan yang berbentuk padat bukan cair.


Labu Kjeldahl adalah suatu perangkat laboratorium yang berbentuk seperti labu ukur namun bagian dasarnya berbentuk bulat sempurna sehingga labu Kjeldahl tidak dapat berdiri dengan sendirinya. Oleh karena itu, beaker glass sering digunakan sebagai penyanggah labu Kjeldahl. Labu Kjeldahl sering digunakan pada proses destruksi protein atau analisa protein dengan menggunakan metode Kjeldahl.


Metode Kjeldahl merupakan metode yang sederhana untuk penetapan nitrogen total pada asam amino, protein dan senyawa yang mengandung nitrogen. Sampel didestruksi dengan asam sulfat dan dikatalisis dengan katalisator yang sesuai sehingga akan menghasilkan amonium sulfat. Setelah pembebasan dengan alkali kuat, amonia yang terbentuk disuling uap secara kuantitatif ke dalam larutan penyerap dan ditetapkan secara titrasi.

Kapasitas yang tersedia untul alat ini adalah :
  1. Kapasitas 10 ml.
  2. Kapasitas 30 ml.
  3. Kapasitas 50 ml.
  4. Kapasitas 100 ml.
  5. Kapasitas 300 ml.
  6. Kapasitas 500 ml.
  7. Kapasitas 800 ml.

PRINSIP KERJA
  1. Digesi (Digestion), Tahap digesi merupakan tahap dekomposisi nitrogen dalam sampel menggunakan asam pekat. Tahap ini disempurnakan dengan mendidihkan sampel pada asam sulfat pekat. Hasil akhir digesi merupakan larutan amonium sulfat.
  2. Distilasi (Distillation).Merupakan tahap penambahan basa berlebih ke dalam larutan digesi untuk mengubah NH4+ menjadi NH3 yang diikuti pemanasan dan kondensasi gas NH3 pada larutan penerima.
  3. Titrasi (Titration),Tahap ini bertujuan untuk mengetahui jumlah amoniak dalam larutan penerima. Jumlah nitrogen dapat dihitung dari jumlah ion amonia di dalam larutan penerima tersebut.

PROSES KERJA
Analisa protein cara Kjeldahl pada dasarnya dapat dibagi menjadi tiga tahapan yaitu proses destruksi, proses destilasi dan tahap titrasi.
  • Proses Destruksi, Ditimbang 1 g bahan yang telah dihaluskan, masukkan dalam labu Kjeldahl, namun karena kandungan protein tinggi pada kedelai  maka digunakan bahan kurang dari 1 g. Kemudian ditambahkan 7,5 g kalium sulfat dan 0,35 g raksa (II) oksida dan 15 ml asam sulfat pekat. Dipanaskan semua bahan dalam labu Kjeldahl dalam lemari asam sampai berhenti berasap dan diteruskan pemanasan sampai mendidih dan cairan  menjadi jernih. ditambahkan pemanasan kurang lebih 30 menit, dimatikan pemanasan dan dibiarkan sampai dingin.Selanjutnya ditambahkan 100 ml aquadest dalam labu Kjeldahl yang didinginkan dalam air es dan beberapa lempeng Zn, tambahkan 15 ml larutan kalium sulfat 4% (dalam air) dan akhirnya ditambahkan perlahan-lahan larutan natrium hidroksida 50% sebanyak 50 ml yang telah didinginkan dalam lemari es.
  • Proses Destilasi, Diipasang labu Kjeldahl dengan segera pada alat destilasi. Dipanaskan labu Kjeldahl perlahan-lahan sampai dua lapis cairan tercampur, kemudian dipanaskan dengan cepat sampai mendidih. Destilat ditampung dalam Erlenmeyer yang telah diisi dengan larutan baku asam klorida 0,1N sebanyak 50 ml dan indicator merah metil 0,1% b/v (dalam etanol 95%) sebanyak 5 tetes, ujung pipa kaca destilator dipastikan masuk ke dalam larutan asam klorida 0,1N.  Proses destilasi selesai jika destilat yang ditampung lebih kurang 75 ml.

  • Proses Titrasi,Sisa larutan asam klorida 0,1N yang tidak bereaksi dengan destilat dititrasi dengan larutan baku natrium hidroksida 0,1N. Titik akhir titrasi tercapai jika terjadi perubahan warna larutan dari merah menjadi kuning. Lakukan titrasi blanko.
  • Komponen,Pemanas listrik. Pemanas 600 watt digunakan baik dalam digesti dan bagian distilasi unit. Manifold Fume. Terletak di belakang unit di atas pemanas digesti, jenis ini diproduksi dari tahan diklorinasi polyvinyl chloride kimia dan dilengkapi dengan heat Teflon putting yang dirancang untuk mencegah kebocoran asap asam sulfat.Blower Fume Exhaust System. Terletak di sisi kiri unit, sistem ini menghilangkan asap dari termos digesti.Air Ejector Fume Sistem Removal. Gauge Monitor pendingin distilasi suhu air dapat disesuaikan sesuai individu persyaratan dengan aliran katup remote control yang terletak di bawah pemanas destilasi. Suhu air ditunjukkan pada termometer, yang terletak di stop kontak air manifold distilasi.


KALIBRASI
Destruksi dilakukan sampai terbebas dari partikel karbon (jernih). Destilasi, harus tertutup rapat dan tampungan terendam (amoniak dalam bentuk gas mudah lepas)

PERAWATAN
Tabung kondensasi stainless steel pada alat distilasi harus benar-benar dicuci sebelum memulai operasi. Dalam pengoperasian kondensor, suhu air tidak boleh melebihi 110 °F. Perhatikan selalu termometer dan aliran air pada katup kendali. Peralatan dapat tetap bersih dengan mencuci dengan larutan lemah kaustik, dan pembilasan dengan aquades. Menetralisir dengan soda secara berkala untuk menjaga unit tetap bersih dan mencegah penumpukan sulfat.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN
Kentungan menggunakan Metode Kjeldahl,diantaranya :
  1. Secara internasional dan masih merupakan metode standar untuk perbandingan terhadap semua metode lainnya.presisi tinggi dan baik reproduktifitas telah membuat metode utama untuk estimasi protein dalam makanan.

Kerugian menggunakan Metode Kjeldahl,diantaranya :
  1. memberikan ukuran protein yang benar, karena semua nitrogen dalam makanan tidak dalam bentuk protein.
  2. Protein yang berbeda memerlukan faktor koreksi yang berbeda karena mereka memiliki urutan asam amino yang berbeda.
  3. Penggunaan asam sulfat pekat pada suhu tinggi menimbulkan bahaya yang cukup besar, seperti halnya penggunaan beberapa kemungkinan katalis teknik ini memakan waktu untuk membawa keluar.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Fungsi Labu Kjeldhl (Kjeldahl Flask) yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi dan fungsi alat lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon