Friday, September 29, 2017

Aspek-Aspek Keselamatan Kerja Dalam Laboratorium

Kegiatan praktikum dalam laboratorium kimia harus memerhatikan aspek-aspek keselamatan kerja. Keselamatan kerja hendaklah dipandang sebagai satu kesatuan  utuh dalam penyelenggaraan suatu praktikum kimia. Keselamatan kerja dan kegiatan praktikum merupakan dua sisi yang tidak dapat dipisahkan. Dua hal tersebut merupakan satu kesatuan yang sama pentingnya untuk diperhatikan dan dilaksanakan. Melaksanakan yang satu, berarti pula harus melaksanakan yang lain. Artinya, jika kita akan melaksanakan kegiatan praktikum di laboratorium kimia, maka sudah menjadi kewajiban bagi kita pula untuk melaksanakan segala hal yang berkaitan dengan keselamatan kerja di laboratorium kimia.


Setiap detail dari kegiatan pelaksanaan praktikum harus diteliti sedemikian rupa untuk melihat berbagai kemungkinan terdapat hal yang membahayakan. Semua kemungkinan yang mungkin muncul harus harus dicatat dan diantisipasi entuk-bentuk keselamatannya. Bahkan hal-hal yang paling sepele sekalipun tidak boleh diabaikan  utnuk diperhatikan. Pengamatan terhadap bergabagi hal yang membahayakan dapat diperkirakan  sebelum dimulainya suatu kegiatan praktikum dengan cara melihat sifat-sifat dari bahan kimia yang akan digunakan. Tiodak menutup kemungkinan juga pengetahuan kita terhadap hal yang membahayakan munvul ketika kegiatan praktikum sedang berjalan.



Sengan demikian pengetahuan akan keselamatan kerja tetap akan menjadi perhatian kita sebelum, selama, dan setelah melaksanakan kegiatan praktikum. Hal ini berarti keselamatan kerja telah menjadi ruh dalam diri seorang yang selalu berhubungan dengan kerja di laboratorium kimia. Ruh, tentang keselamatan kerja sangat penting dihidupkan dalam diri setiasp orang baik yang secara langsung melaksanakan praktikum maupun orang-orang yang berada disekitar pelaksana praktikum kimia.

Pedoman tentang keselamatan praktikum yang dirancang harus dapat mengidentifikasi dan mengenali semua kemungkinan hal yang dapat menimbulkan keadaan berbahaya. Setelah hal tersebut diidentifikasi maka selanjutnya kita berusaha untuk menghilangkan potensi bahaya tersebut. Apabila hal tersebut tidak memungkinkan untuk dihilangkan, maka paling tidak kita harus berusaha untuk meminimalkan potensi bahaya tersebut.


Kecelakaan dalam praktikum di laboratorium pada umumnya disebabkan oleh kejadian-kejadian kecil dan sederhana. Oleh karenanya, sumber-sumber yang berpotensi menimbulkan kecelakaan dapat dihindarkan dengan cara :
  1. Pengenalan cara kerja yang baik dalam menggunakan peralatan, bahan, dan urut-urutan lagkah praktikum.
  2. Memerhatikan jenis-jenis bahaya dalam praktikum berikut cara-cara pencegahannya.

Perhatikan terhadap keselamatan kerja dilaboratorium harus ditekankan pula pada segala hal yang dapat mengakibatkan cedera. Cedera dapat ditimbulkan oleh bahan kimia beracun yang digunakan dalam proses tertentu. Akibat dari cedera mungkin sjaa tidak muncul seketika itu juga, akan tetapi dapat muncul secara perlahan setelah sekian lama (Biasanya dalam hitungan tahun). Pengalaman pada masa yang telah lampau menunjukan bahwa bahaya baru dapat dirasakan setelah sekian tahun melakukan kontak dengan bahan beracun berbahaya. Bahaya juga dapat muncul jika melakukan kontak dengan bahan kimia beracun berbahaya dalam konsentrasi di atas amang yang diizinkan.


Beberapa bahan kimia yang dahulunya dianggap tidak berbahaya sekarang telah diketahui akan potensi bahayanya. Demikian juga beberapa bahan kimia yang dahulu belum diketahui efek sampingnya, sekarang telah diketahui efek sampingnya terhadap kesehatan. Indra penciuman manusia tidak seberapa begitu sensitive terhadap bau-bauan dari uap senyawa kimia. Ini juga merupakan bahaya yang potensial terhadap kesehatan kita. Sehingga jika kita dilaboratorium mencium bau yang asing dari bahan kimia, hal ini dapat digunakan sebagai pertanda bahwa uap bahan kimia terlalu pekat (Konsentrasi Tinggi). Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengenakan alat-alat pelindung keselamatan kerja pada saat bekerja di laboratorium.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Aspek-Aspek Keselamatan Kerja Dalam Laboratorium yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon