Wednesday, August 9, 2017

Sifat-Sifat Umum Dan Khusus Suatu Koloni Mikroba Dalam Medium Padat

Sifat-sifat Umum Yang Perlu Diperhatikan Pada Koloni Yang Tumbuh Dipermukaan Medium ialah :

  1. Besar kecilnya koloni  yang hanya serupa suatu titik ada pula yang melebar sampai menutup permukaan medium.
  2. Bentuk. Ada koloni yang bulat, ada yang memanjang ,ada yang tepinya rata,ada yang tepinya tidak rata.
  3. Kenaikan Permukaan. Ada koloni yang rata saja dengan permukaan medium , ada pula yang timbul , yaitu menjulang tebal diatas permukaan medium.
  4. Halus kasarnya permukaan . Ada koloni yang permukaannya halus saja , ada yang permukaannya kasar, tidak rata.
  5. Wajah permukaan. Ada koloni yang permukaannya mengkilat, ada yang permukaannya suram.
  6. Warna. Kebanyakn koloni bakteri itu berwarna keputihan atau kekuning-kuningan , akan tetapi ada juga koloni yang kemerah-merahan,coklat,jingga biru,hijau,dan ungu.
  7. Kepekatan. Ada koloni yang lunak seperti lendir, ada yang lunak seperti mentega, ada yang keras dan kering.


Sifat-sifat Khusus Suatu Koloni Dalam Medium Padat
Disini dibicarakan sifat-sifat koloni yang tumbuh pada agar-agar lempengan , pada agar-agar miring, dan pada tusukan gelatin.
  1. Sifat-sifat koloni pada agar-agar lempengan mengenai bentuk permukaan , dan tepi. Bentuk koloni dilukiskan sebagai titik-titik , bulat,bebenang,tak teratur,serupa akar,serupa kumparan,permukaan koloni dapat datar,timbul mendatar,timbul melengkung,timbul mencembung,timbul membukit, dan timbul berkawah. Tepi koloni ada yang utuh ,ada yang berombak,ada yang berbenang-benang, dan ada yang keriting.
  2. Sifat-sifat koloni pada agar-agar miring. Sifat-sifat ini berkisar pada bentuk dan tepi koloni, dan sifat-sifat itu dinyatakan dengan kata-kata seperti : Serupa pedang,serupa duri,serupa tasbih,serupa titik-titik,serupa batang,dan serupa akar.
  3. Sifat-sifat koloni tusukan dalam gelatin. Ada bakteri yang dapat mengencerkan gelatin, ada juga bakteri yang tidak mampu mengencerkan gelatin. Karena itu , maka bentuk bentuk koloninya juga berbeda-beda. Lagi pula bentuk koloni bakteri yang tidak dapat mengencerkan gelatin itu berbeda-beda satu sama lain, demikian pula bentuk koloni yang dapat mengencerkan gelatin. Bila dilihat dari samping, maka bentuk-bentuk koloni yang tidak mengencerkan gelatin, dapat serupa pedang, serupa tasbih, bertonjol-tonjol, berjonjot, dan serupa batang . Jika bakteri mampu mengencerkan gelatin , maka bentuk koloninya dapat serupa kawah, serupa mangkuk serupa corong, serupa pundi-pundi, bahkan berlapis.




Nah itulah sedikit pembahasan tentang Sifat-Sifat Umum Dan Khusus Suatu Koloni Mikroba Dalam Medium Padat yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon