Thursday, August 10, 2017

Materi Tentang Perubahan Yang Menetap (Mutasi)

Seperti halnya dengan tumbuh-tumbuhan dan hewan, maka mikroorganisme pun dapat mengalami perubahan genotipe,perubahan yang demikian itu disebut dengan mutasi perubahan semacam ini menurun. Perubahan genotipe disebabkan karena perubahan gen yang terletak dalam kromosom. Mutasi dapat disebabkan juga karena perubahan menetap didalam protoplasma, akan tetapi hal ini belum mendapat bukti-bukti yang meyakinkan.



Tanaman tinggi mempunyai sejumlah kromosom yang berpasang-pasangan dan oleh karena itu dikatakan diploid. Sel kelamin hanya mempunyai setengah jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel-sel tubuh, dan oleh karena itu dikatakan haploid.

Bakteri adalah mahkluk yang haploid. Diduga, bahwa satu diantara 10.000 sampai sepuluh bilyun (10.000.000.000.000.) bakteri yang sejenis dapatmengalami mutasi. Suatu mutasi tumbuh menjadi koloni yang sifatnya berlainan . Mutasi ini merupakan klon baru.


Mutasi dapat terjadi karena satu atau beberapa gen mengalami perubahan yang menetap. Sebab dari perubahan itu belum diketahui benar, akan tetapi telah diketahui dengan pasti tentang adanya zat-zat dan faktor faktor luar yang dapat menimbulkan mutasi. Faktor-faktor penyebab mutasi itu disebut secara umum mutagen. Contoh mutagen dapt menyebabkan matinya bakteri atau timbulnya suatu mutan.

Macamnya mutasi dapat di bagi atas tiga golongan, yaitu:

  1. Mutasi yang berhubungan dengan bentuk koloni
  2. Mutasi yang berhubungan dengan kemampuan fermentasi atau dengan syarat-st=yarat untuk pertumbuhan,
  3. Mutasi yang berhubungan dengan kekebalan terhadap zat-zat tertentu atau bakteriofage tertentu.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Materi Tentang Perubahan Yang Menetap (Mutasi) yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon