Monday, August 14, 2017

Langkah Umum Pembuatan Larutan Baku

Pada umumnya ada tiga hal utama yang harus diperhatikan pada pembuatan larutan baku primer, yaitu sebagai berikut.



Menimbang
Penimbangan adalah pekerjaan yang paling dasar dalam analis kimia di samping mengetahui kepekaan neraca yang akan dipilih. Zat murni ditimbang kasar dulu (dengan neraca teknis) kemudian ditimbang teliti (dengan neraca analitis/elektronik). Untuk zat-zat tertentu sebelum ditimbang ada yang harus dikeringkan dulu (zat seperti ini, prosedur pembuatannya diberikan secara khusus)

Melarutkan
Tidak semua kristal segera melarut, dan umumnya proses pelarutan menyerap kalor, sebaiknya pelarutan tidak langsung di labu takar tetapi di wadah lain, dan setelah suhu campuran itu normal baru kemudian dipindahkan secara kuantitatif (yakni dengan melakukan pembilasan beberapa kali). Selanjutnya tambahkan dengan aquades sampai tanda batas.


Mengukur / memindahkan volum larutan
Dalam analis kimia, pengukuran volum larutan yang benar,pemindahan, dan pengencerannya sampai pada volum tertentu adalah sama pentingnya dengan penimbangan yang benar.

Dalam teknik volumetrik (kuantitatif), alat ukur volum yang selalu diterapkan adalah labu takar ,buret,dan pipet volum. Teknik penggunaan alat ini secara benar yang ditunjang oleh teknik pembersihan yang baik akan menghindarkan kesalahan yang seharusnya tidak terjadi.

Volum larutan harus dicapai dengan menambahkan aquades kamar sehingga suhu larutan harus tidak melebihi batas suhu labu takar.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Langkah Umum Pembuatan Larutan Baku yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon