Tuesday, August 22, 2017

Khamir Yang Penting Dalam Fermentasi

Istilah khamir pada umumnya digunakan untuk menyebut bentuk-bentuk yang menyerupai jamur dari kelompok Ascomycetes yang tidak berfilamen tetapi uniseluler dengan bentuk ovoid atau spheroid. 



Khamir ada yang bermanfaat dan ada pula yang membahayakan manusia. Fermentasi khamir banyak digunakan dalam pembuatan roti,bir,wine,vinegar, dan sebagainya. Khamir yang tidak diinginkan adalah yang ada pada makanan dan menyebabkan kerusakan pada saurkraut,juice buah,sirup,molase,madu,daging, dan sebagainya. 



Berikut adalah beberapa poin tentang khamir yang penting dalam fermentasi. :

  1. Ada berbagai khamir yang memiliki fungsi penting dalam fermentasi, di antaranya adalah sebagai berikut :
  2. Saccharomy Cerevisiae, merupakan khamir yang paling populer dalam pengolahan makanan. Khamir ini telah lama digunakan dalam industri wine dan bir. Dalam bidang pangan, khamir digunakan dalam pengembangan adonan roti dan dikenal sebagai ragi roti. Khamir ini melakukan reproduksi vegetatif dengan membentuk tunas. Sel berbentuk ellipsoid atau silinder. Dapat membentuk ellipsoid pendek dengan dinding halus, biasanya atau sampai empat, kadang-kadang lebih, per askus. Khamir ini tidak mampu tumbuh pada nitrat sabagai satu-satunya sumber nitrogen.
  3. Saccharomyces roxii, adalah khamir yang digunakan dalam pembuatan kecap dan berkontribusi pada pembentukan aroma.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Khamir Yang Penting Dalam Fermentasi yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon