Monday, August 7, 2017

Kegunaan Sistem Surveilans Dalam Ilmu Epidemiologi

Tags

Kegunaan Dan sistem Survelians
Suatu sistem survelians dikatakan berguna apabila dapat membantu mencegah atau menanggulangi penyakit atau peristiwa kesehatan yang menganggu termasuk meningkatkan pengertian masyarakat tentang akibat dari keadaan tersebut . Sistem ini akan berguna bila dapat membantu untuk menentukan dan menjelaskan suatu penyakit  atau peristiwa kesehatan yang sebelumnya tampak kurang penting menjadi peristiwa kesehatan yang sebelumnya tampak kurang penting menjadi peristiwa kesehatan yang sangat penting.



Tergantung pada tujuan sistem survelians tertentu, maka suatu sistem surveilans tertentu, maka suatu sistem surveilans dikatakan berguna bila memenuhi satu dari berbagai hal berikut ini.

  1. Dapat mendeteksi kecendrungan (trend) perubahan kejadian penyakit tertentu.
  2. Dapat mendeteksi kejadian luar biasa (epidemil).
  3. Dapat memberikan perkiraan tentang besarnya morbiditas dan mortalitas sehubungan dengan masalah kesehatan yang menjalani surveilans tersebut.
  4. Dapat meransang dan mendorong untuk diadakannya penelitian edpidemiologis tentang adanya kemungkinan pencegahan dan penanggulangannya.
  5. Dapat mengidentifikasi faktor resiko yang berkaitan dengan kejadian penyakit.
  6. Dapat memperhitungkan kemungkinan tentang adanya pengaruh efek upaya penanggulangan kejadian penyakit atau gangguan kesehatan.
  7. Dapat memberikan perbaikan dibidang klinik bagi pelaksana pelayanan kesehatan (health care provider) yang juga merupakan bagian dari unsur pokok sistem surveilans.

Kegunaan suatu surveilans mungkin saja dipengaruhi oleh semua atribut suveilans. Dalam hal ini peningkatan suatu nilai sentivitas dapat pula memberikan kemungkinan yang lebih besar terhadap identifikasi keadaan luar biasa serta pengertian tentang riwayat peristiwa kesehatan yang mengganggu komunitas. Juga dengan perbaikan ketetapan waktu akan memungkinkan kegiatan penanggulangan serta kegiatan pencegahan dilakukan lebih dini. Disamping itu dengan peningkatan nilai ramalan positif (predictive value positive) memungkinkan petugas kesehatan untuk bekerja lebih terarah pada kegiatan yang produktif. Sistem surveilans yang tepat mampu menggambarkan karakteristik dari peristiwa kesehatan dalam suatu populasi tertentu dan sistem surveilans yang sederhana (simple) fleksibel serta mudah dilaksanakan juga cenderung untuk lebih berguna.



Nah itulah sedikit pembahasan tentang Kegunaan Sistem Surveilans Dalam Ilmu Epidemiologi yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon