Tuesday, August 15, 2017

Karakteristik Umum Khamir

Khamir dapat diklasifikasikan berdasarkan karakteristik morfologinya. Namun demikian sifat fisiologi juga dipertimbangkan bagi para ahli mikrobiologi pangan.



Karakteristik Morfologi
Karakteristik morfologi khamir dideterminasi menggunakan uji mikroskopis

  1. Bentuk dan Struktur. Bentuk khamir dapat sperikal sampai ovoid. Kadang dapat membentuk miselium semu. Ukurannya juga bervariasi. Struktur yang dapat diamati meliputi dinding sel,sitoplasmavakuol air,globula lemak dan granula.
  2. Reproduksi. Kebanyakan khamir melakukan reproduksi secara aseksual melalui pembentukan tunas secaramultilateral ataupun polar. Reproduksi secara seksual menghasilkan askospora yang menghasilkan sel anakan kecil. Jumlah spora dalam askus bervariasi tergantung macam khamirnya.
  3. Karakteristik kultur. Khamir dapat membentuk lapisan film diaatas permukaan medium cair. Produksi pigmen karotenoid menandakan adanya pertumbuhan genus Rhodotorula. Sulit membedakan antara khamir dengan bakteri pada medium agar, kecuali dengan mikroskop. Koloni khamir yang masih muda biasanya lembut dan sering berlendir dengan warna putih. Beberapa berwarna merah muda.


Khamir ada yang bersifat oksidatif,fermentatif,ataupun keduanya. Khamir yang oksidatif dapat tumbuh dengan membentuk lapisan film pada permukaan medium cair sedang yang fermentatif biasanya tumbuh dalam cairan medium.



Nah itulah sedikit pembahasan tentang Karakteristik Umum Khamir yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon