Friday, August 11, 2017

Fungsi Labu Penguapan (Evaporating Flask)

Labu Penguapan
Labu penguapan digunakan dalam praktikum kimia organik dan biokimia. labu penguapan digunakan untuk menguapkan senyawa atau cairan yang mudah menguap dengan dibantu oleh adanya pemanasan. Bentuk labu yang tinggi dimaksudkan agar uap senyawa yang mudah terbakar terletak jauh dari sumber panas, untuk menghindari bahaya kebakaran.




Pada kasus-kasus tertentu labu penguapan juga dapat disambungkan dengan peralatan lain seperti pipa untuk membuang uap jauh dari sumber panas , sehingga tingkat keamanan dari bahaya kebakaranlebih terjamin.

Kapasitas yang tersedia untuk alat ini adalah :
  1. Kapasitas 100 ml.
  2. Kapasitas 250 ml.
  3. Kapasitas 500 ml.
  4. Kapasitas 1000 ml.

Labu Penguapan
Merupakan peralatan gelas yang banyak digunakan di laboratorium kimia organik dan laboratorium biokimia. Labu penguapan di desain sedemikian rupa sehingga uap zat cair yang sedang diuapkan dengan cepat dapat keluar dari dalam labu. Penguapan yang cepat dimaksudkan agar suhu tidak terlalu tinggi untuk penguapan. Keuntungan dari penggunaan suhu yang tidak terlalu tinggi dalam penguapan adalah dapat menjaga senyawa dari kerusakan , terutama untuk senyawa-senyawa organik yang mudah terdegradasi oleh panas.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Fungsi Labu Penguapan (Evaporating Flask) yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi dan fungsi alat lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon