Tuesday, August 15, 2017

Fungsi Desikator (Desicator)

Desikator
Desikator merupakan peralatan yang sering digunakan di laboratorium kimia anorganik. Desikator mempunyai bentuk mirip dengan soblok yang digunakan untuk memasak. Ditengah-tengah desikator terdapat angsangan yang mempunyai lubang-lubang. Desikator digunakan untuk melakukan pengeringan bahan kimia dengan mengunakan zat higrokopis. Zat higrokopis adalh zat yang dapat menyerap uap air dari udara.Tempat bagian bawah digunakn untuk meletakkan zat higrokopis.




Biasanya alat ini digunakan untuk menampung berbagai macam sampel uji yang ada di dalam cawan porselin. Alat ini juga bermanfaat untuk menyerap panas dari sampel agar suhunya dapat didinginkan, Isi dari desikator ini adalah silica gel yang berperan sebagai penyerap panas secara otomatis


Desikator merupakan alat yang berbobot dan untuk membukanya dengan cara menggeser karena di sekeliling dilapisi vaselin. Desikasi merupakan cara pengeringan zat padat, zat cair, gas yang mengandung air sedikit sekali dengan menggunakan zat yang mengandung air atau uap air lebih sedikit dari pada zat-zat yang akan dikeringkan. Sehingga, desikasi adalah pengeringan dengan jalan penyerapan air yang dikandung sesuatu zat oleh zat-zat lain. Zat-zat yang digunakan untuk pengeringan disebut desikan (desiccant) yang dapat berupa zat padat atau zat cair. Desikator harus diisi dengan zat pengadsopsi yang sesuai dengan jenis pelarut yang digunakan, pelarutnya senyawa hidrokarbon, maka isi desikator yang sesuai ialah parafin. Apabila pelarutnya asam asetat maka dapat diisi desikatornya pengadsopsinya NaOH atau KOH pelet.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Fungsi Labu Penguapan (Evaporating Flask) yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi dan fungsi alat lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----

1 komentar so far


EmoticonEmoticon