Sunday, August 13, 2017

Fungsi Corong Pemisah (Separating Funnel)

Corong Pemisah / Corong Pisah
Corong pemisah mempunyai bentuk mirip cabe gendut, terdapat kran pada ujung bawah dan penutup pada mulut atas. Kapasitas corong pisah bermacam-macam, akan tetapi yang biasa digunakan adalah kapasitas 250 ml. Alat ini terbuat dari gelas tembus pandang (transparan).




Corong Pisah digunakan untuk memisahkan dua macam pelarut yang tidak saling bercampur sebagai mana dalam proses ekstraksi cair-cair. Pada proses ekstraksi cair-cair larutan yang akan dipisahkan di gojog terlebih dahulu, kemudian didiamkan beberapa saat sampai masing-masing larutan terpisah. Larutan dengan massa jenis lebih kecil akan berada di bawah dikeluarkan dengan cara membuka kran secara hati-hati.


Kapasitas yang tersedia untuk alat ini adalah :
  1. Kapasitas 250 ml.
  2. Kapasitas 500 ml.
  3. Kapasitas 1000 ml.
  4. Kapasitas 2000 ml.
Corong pemisah berbentuk kerucut yang ditutupi setengah bola. Ia mempunyai penyumbat di atasnya dan keran di bawahnya. Corong pemisah yang digunakan dalam laboratorium terbuat dari kaca borosilikat dan kerannya terbuat dari kaca ataupun Teflon. Ukuran corong pemisah bervariasi antara 50 mL sampai 3 L. Dalam skala industri, corong pemisah bisa berukuran sangat besar dan dipasang sentrifuge.




Untuk memakai corong ini, campuran dan dua fase pelarut dimasukkan ke dalam corong dari atas dengan corong keran ditutup. Corong ini kemudian ditutup dan digoyang dengan kuat untuk membuat dua fase larutan tercampur. Corong ini kemudian dibalik dan keran dibuka untuk melepaskan tekanan uap yang berlebihan. Corong ini kemudian didiamkan agar pemisahan antara dua fase berlangsung. Penyumbat dan keran corong kemudian dibuka dan dua fase larutan ini dipisahkan dengan mengontrol keran corong.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Fungsi Corong Pemisah (Separating Funnel) yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi dan fungsi alat lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon