Wednesday, August 9, 2017

Fungsi Botol Tetes (Dropping Bottle)

Fungsi Botol Tetes (Dropping Bottle)
Botol tetes merupakan alat gelas yang paling sering digunakan dalam praktikum laboratorium kimia analis. Botol ini terbuat dari gelas dan ada juga yang terbuat dari plastik yang tahan bahan kimia. Botol ini dilengkapi dengan penutup yang biasanya terbuat dari polietileh dan dilengkapi pula dengan alat tetes.

Kegunaan Alat
Kegunaan botol ini adalah untuk menyimpan larutan indikator yang biasanya digunakan dalam proses analis kuantitatif dengan cara titrasi. Botol ini biasanya berwarna gelap , alaupun ada juga yang berwarna bening atau transparan.

Kapasitas yang tersedia untuk alat laboratorium ini adalah :
  1. Kapasitas 30 ml
  2. Kapasitas 60 ml
  3. Kapasitas 120 ml
  4. Kapasitas 125 ml
  5. Kapasitas 250 ml
Polietileh
Polietileh adalah suatu bahan yang termasuk dalam golongan polimer , dalam bahasa komersial lebih dikenal dengan nama plastik, karena bahan tersebut bersifat termo plastik. Jika polietilen diradiasi, maka bahan tersebut akan mengalami perubahan sifat-sifat fisisnya. Perubahan sifat-sifat fisis yang paling menonjol adalah terjadinya pembentukan ikat silang. Beberpa informasi yang dapat diperoleh yaitu :
  1. Harga derajat kristalinitas, yang diuji dengan difraksi sinar-x.
  2. Kekuatan tarik , diuji dengan peralatan mesin instron -500.
  3. Titik leleh . diuji dengan alat DSC -40.
Pengaruh radiasi terhadap pembentukan ikat silang, lebih ditekankan pada permasalahan yang berkaitan dengan struktur molekul, kekuatan tarik dan titik leleh.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Fungsi Botol Tetes (Dropping Bottle) yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi dan fungsi alat lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon