Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dari Mana Asal Bakteri ??? Ini Dia Penjelasanya

Dari Mana Asal Bakteri!!!???
Aristoteles (300 sebelum isa almasih) berpendapat, bahwa mahluk-mahluk itu terjadinya begitu saja dari benda yang mati. Pendapat ini dianut oleh Neddham, seorang pendeta bangsa irlandia yang selama 1745 sampai 1750 mengadakan eksperimen-eksperimen dengan pelbagai rebusan padi-padian, daging dan lain sebagainya. Meskipun air rebusan tersebut disimpannya rapat-rapat dalam botol tertutup, namun timbullah mikroorganisme  dengan lain perkataan , kehidupan baru dapat timbul dari barang mati . Pendapat ini terkenal sebagai teori abiogenesis (a = tidak, bios = hidup, genesis = kejadian) atau teori generatio spontanea (mahkluk-mahkluk baru itu terjadi begitu saja).



Aristoteles

Spallanzani (1729-1799) dalam tahun 1768 membantahpendapat Aristoteles dan Needham dengan mengatakan bahwa perebusan yang dilakukan oleh Nedham itu tidak sempurna. Spallanzani sendiri merebus sepotong daging sampai berjam-jam lamanya, kemudian air daging tersebut ditutupnya rapat-rapat di dalam botol. Maka dengan perbuatan yang demikian itu tidak diperoleh mikroorganisme baru. Hasil eksperimen Spallanzani ini belum meyakinkan benar, setengah orang pada saat itu tidak memungkinkan masuknya udara (oksigen) yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan mikroorganisme.

Spallanzani
Schultze didalam tahun 1836 memperbaiki eksperimen Spallanzani dengan mengalirkan udara lewat suatu asam atau basa yang keras kedalam botol berisi kaldu yang telah direbus baik-baik terlebih dahulu. Schwan didalam tahun 1837 membuat percobaan serupa itu juga dengan mengalirkan udara lewat pipa yang dipanasi menuju kepada botol-botol berisi kaldu yang telah dipanasi berjam-jam lamanya. Maka baik Schultze maupun Schwann tidak dapat menemukan mikroorganisme didalam kaldunya Namun orang masih menaruh keberatan terhadap eksperimen kedua sarjana tersebut dengan mengemukakan, bahwa udara yang lewat asam atau basa ataupun lewat pipa panas itu telah mengalami perubahan sedemikian rupa , sehingga tidak memungkinkan timbulnya kehidupan mahkluk-mahluk baru.

Schultze


H. Schroeder dan Th. Van Dusch (1854) menemukan suatu akal untuk menyaring udara yang menuju kedalam botol berisi kaldu, udara itu dilewatkan suatu pipa berisi kapas yang steril.Dengan cara demikian ini ia tidak mendapatkan mikroorganisme baru didalam kaldu, dan dengan demikian tumbanglah teori abiogenesis. Lebih meyakinkan lagi ialah percobaan yang dilakukan oleh Louis Pasteur di dalam tahun 1865, di mana ia menggunakan suatu botol berisi kaldu dengan ditutup oleh suatu pipa yang melengkung seperti leher angsa. Dengan akal yang istimewa ini Pasteur dapat meyakinkan kepada khalayak, bahwa tidak ada kehidupan baru yang dapat timbul dari barang mati. Maka disimpulkanlah pendapat itu dengan ucapan "Omne vivum ex ovo,omne ovum ex vivo" yang berarti "semua kehidupan itu berasal dari telur,dan semua telur itu berasal dari sesuatu yang hidup". Pasteur itu sebenarnya seorang sarjana kimia, akan tetapi jasa jasanya di dalam ilmu bidang mikrobiologi demikian banyaknya, sehingga selayaknya ia disebut seorang pelopor mikrobiologi.

H. Schroeder

Th. Van Dusch

Penyataan Pasteur tersebut dia atas belum memberi jawab atas pernyataan "Dari mana asal bakteri". Sesungguhnya, bahwa pernyataan ini identik dengan pernyataan "dari mana asal kehidupan". Jawaban atas ini bergantung kepada pandangan hidup seseorang, dan dengan seorang materialist. Dalam abad ke-20 ini Oparin,Urey,Stanly Miller berperan dapat, bahwa kehidupan dapat terjadi dengan sendirinya menurut hukum-hukum alam belaka.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Dari Mana Asal Bakteri yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan . Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----

Post a Comment for "Dari Mana Asal Bakteri ??? Ini Dia Penjelasanya"