Thursday, August 17, 2017

Ciri-Ciri Virus Dan Strukturnya Secara Umum Dalam Ilmu Biologi

Jika dibandingkan dengan mahkluk hidup, virus mempunyai ciri tersendiri, virus mempunyai ciri tersendiri. Salah satu ciri virus mirip dengan organisme parasit obligat, yaitu hanya dapat berkembang biak dalam sel hidup. Akan tetapi berbeda dengan organisme parasit, virus hanya memerlukan asam nukleat untuk bereproduksi dan tidak melakukan aktivitas metabolisme didalam tubuhnya. Ciri virus lainnya adalah virus tidak bergerak,tidak membelah diri,tidak dapat diendapkan dengan sentrifugasi biasa, dan dapat dikristalkan.




Berikut ini adalah struktur virus secara umum :

  1. Virus bersifat aseluler (tidak mempunyai sel)
  2. Virus berukuran  jauh lebih kecil dari pada bakteri, yakni berkisar antara 20 milimikron sampai dengan 300 milimikron (1 mikron = 1.000 milimikron). Untuk mengamatinya diperlukan mikroskop yang pembesarannya dapat mencapai 50.000X.
  3. Virus hanya memiliki salah satu macam asam nukleat (RNA atau DNA).
  4. Virus umumnya berupa hablur (kristal).
  5. Bentuk virus bervariasi . Ada virus berbentuk oval,silinder,polihedral dan kompleks. Bentuk virus yang kompleks terdiri dari kepala yang berbentuk polihedral,ekor yang berbentuk silinderekor yang berbentuk silinder,dan serabut ekor. Virus berbentuk kompleks misalnya bakteriofag, yaitu jenis virus yang menginfeksi bakteri.
  6. Tubuh virus terutama tersusun atas asam nukleat yang diselubungi oleh protein yang disebut kapsid.

Asam Nukleat
DNA (asam deoksiribonukleat) dan RNA (asam ribonukleat) ditemukian pada virus. Akan tetapi , satu jenis virus hanya terdiri dari DNA saja atau RNA saja. Sebagai contoh , TMV hanya terdiri dari RNA dan bakteriofaqq hanya terdiri dari DNA di dalam kapsidnya.

Asam nukleat pada virus diselubungi oleh kapsid , yang disebut dengan nukleokapsid, ada dua macam nukleokapsid, yaitu sebagai berikut. :
  1. Nukleokapsid yang telanjang, misalnya pada TMV,adenovirus, dan virus kutil.
  2. Nukleokapsid yang diselubungi suatu membran pembungkus, misanya pada virus infuluensa dan virus harpes.


Kapsid
adalah selubung yang berupa protein. Kapsid terdiri dari atas bagian-bagian yang disebut kapsomer. Misalnya , kapsid pada TMV terdiri atas satu rantai polipeptida yang tersusun atas 2.100 kapsomer. Kapsid juga dapat terdiri atas protein-protein monomer idendik, yang masing-masing terdiri dari rantai polipeptida. Virus yang struktur tubuhnya terdiri dari asam nukleat dan selubung protein disebut virion.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Ciri-Ciri Virus Dan Strukturnya Secara Umum Dalam Ilmu Biologi yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon