Tuesday, August 1, 2017

Bahan-Bahan Pembuatan Media / Medium Untuk Pertumbuhan Mikroba

Media adalah suatu substrat dimana mikroba dapat tumbuh yang disesuiakan dengan lingkungan hidupnya . Substrat tersebut merupakan makanan bagi mikroba yang mengandung penyubur ,vitamin, mineral, dan pH tertentu. Umunya media yang digunakann adalah media sintetik media tersebut memiliki komposisi dan dosis dalam pembuatannya, nah beriuk adalah bahan-bahan untuk membuat media 



Bahan Dasar

  1. Air sebagai pelarut
  2. Agar (dari rumput laut) yang berfungsi untuk pemadat. Agar sulit diregradasi oleh mikroorganisme pada umumnya dan mencair pada suhu 45 derajat celcius.
  3. Gelatin juga memiliki fungsi yang sama dengan agar . Gelatin adalah polimer asam amino yang diproduksi dari kolagen.
  4. Silica gel yaitu bahan yang mengandung natrium silikat. Fungsinya juga sebagai pemadat media.
Nutrisi Atau Zat Makanan
Media haruns mengandung unsur-unsur yang diperlukan untuk metabolisme sel yaitu unsur makro seperti C,H,N,O,P dan unsur mikro seperti Fe dan Mg.
  1. Sumber karbon dan energi yang dapat diperoleh berupa senyawa organik atau anorganik sesuai dengan sifat mikrobanya. Sumber karbon antara lain karbohidrat,lemak,dan protein.
  2. Sumber nitrogen mencakup asam amino, protein atau senyawa berprotein lain.
  3. Vitamin-vitamin

Bahan Tambahan
Bahan-bahan tambahan yaitu bahan yang ditambahkan kedalam medium dengan tujuan tertentu, misalnya phenol red (indikator asam basa). Ditambahkan untuk indikator perubahan pH akibat produksi asam organik hasil metabolisme.

Bahan-Bahan Yang Sering Digunakan Dalam Pembuatan Media
  1. Agar-agar dapat diperoleh dalam bentuk batangan,ganula atau bubuk atau terbuat dari beberapa jenis rumput laut. Kegunaanya sebagai pemadat.
  2. Pepton, pepton adalah produk hidrolisis protein hewani atau nabati yang seperti otot,liver,darah,susu,caselin,kedelai.
  3. Meat extract, meat extract mengandung basa organik terbuat dari otak ,limpa,plasenta,dan daging sapi.
  4. Yeast Extract , yeast extract terbuat dari ragi pengembang roti atau pembuat alkohol. Yeast extract mengandung amini dan vitamin.
  5. Karbohidrat ditambahkan untuk memperkaya pembentukan asam amino dan gas dari karbohidrat jenis karbohidrat amilum,glukosa,fruktosa, dan lain-lain.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Bahan-Bahan Media / Medium Pertumbuhan Mikroba yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon