Monday, July 31, 2017

Syarat-Syarat Media / Medium Penumbuh Mikroorganisme

Media / Medium
Media adalah suatu bahan terdiri atas campuran nutrisi dan zat-zat hara yang digunakan untuk menumbuhkan mikroorganisme di atas atau didalamnya. Selain itu medium dapat dipergunakan pula untuk isolasi,perbanyakkan,pengujian sifat-sifat fisiologis,dan perhitungan jumlah mikroorganisme . Hal ini erat kaitannya dengan istilah koch untuk menetapkan suatu jenis mikroba sebagai penyebab penyakit harus terlebih dahulu mendapatkan mikroba dalam keadaan murni  (pure culture) untuk diselidiki sifat-sifatnya. Untuk tujuan tersebut sangat diperlukan suatu medium (perbenihan) sebagai tempat tumbuh dan isolasi mikroorganisme.


Media juga adalah suatu substrat dimana mikroba dapat tumbuh yang disesuiakan dengan lingkungan hidupnya . Substrat tersebut merupakan makanan bagi mikroba yang mengandung penyubur ,vitamin, mineral, dan pH tertentu.


Nah untuk itu ada beberapa syarat dalam penggunaan media / medium dalam pengujian mikrobiologi, berikut adalah beberapa persyaratannya :

  1. Media yang digunakan harus dalam keadaan steril dan bebas dari campuran media / medium lainnya.
  2. Media yang digunakan benar-benar masih dalam keadaan baik dan tidak melewati masa kadaluarsa atau biasa disebut dengan EXP.
  3. Perlu memperhatikan jenis media yang akan digunakan apakah media itu bersifat umum ataukah media tersebut bersifat khusus terhadapa satu jenis mikroorganisme.
  4. Jika media atau medium tersebut adalah medium agar perlu diperhatikan cara penggunaannya pada botol media tersebut karena ada beberapa jenis media yang penggunaannya harus melewati proses pemanasan terlebih dahulu dan ada pula yang tidak melalui proses pemanasan.
  5. Anda juga harus memperhatikan setiap keterangan jenis media berdasarkan logo kimia yang melekat pada botol media, dan pastikan keamanan diri anda terlindungi (safety).


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Syarat-Syarat Media / Medium Penumbuh Mikroorganisme yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon