Thursday, July 27, 2017

Perbedaan Essen Vanili Dengan Ekstrak Vanili

Perbedaan Essen Dan Ekstrak Vanili
Seperti yang pernah saya singgung di artikel sebelunya yaitu cara membuat essen sintetis kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai perbedaan antara essen dan ekstrak dengan mengambil salah satu contoh yaitu vanili. Seperti yang kita ketahui bahwa Essence dapat diperoleh dengan jalan mengekstraksi bahan-bahan di alam misalnya, essen vanili yang dapat diperoleh dengan mengekstraksi biji vanili dengan alkohol dan hasil yang diperoleh adalah ekstrak vanili.



Dari teori perolehan tersebut dapat kita simpulkan bahwa essen dan ekstrak itu berbeda, mengapa demikian ?? Berikut adalah penjelasannya :
  • Ekstrak Vanili dibuat dari biji vanili yang telah dibersihkan dari batang dan buahnya yang memiliki warna kehitam-hitaman dan hasilnya akan berupa pasta dan juga telah ditambahkan dengan zat kimia pengental yaitu starch juga caramel sebagai pewarna dan preservative, Sedangkan..
  • Essen Vanili dibuat dari berbagai macam campuran bahan kimia hingga diperoleh aroma yang sama dengan vanili asliya biasanya berbentuk bubuk dan berwarna putih Ada bermacam-macam jenis Vanilli, yaitu yang original dan yang campuran. Efek Vanilli berbeda-beda. Adapun bagi Vanilli yang original dapat digunakan dalam adonan yang dipanaskan pada susu tinngi tetap ada aroma yang kuat adapula Vaniili yang hanya digunakan pada suhu yang dingin saja.

Pada dasarnya vanili pun juga terbagi menjadi 2 yaitu :
  1. Berbentuk Cair
  2. Berbentuk Bubuk
Kedua jenis vanili tersebut memiliki beberapa kegunaan diantaranya :

Berbentuk Cair :
  1. Dapat digunakan pada pembuatan roti ( tidak pada pemakaian pada cake karena apabila pemakaian vanilli cair pada cake terlalu banyak dapat mempengaruhi tektur cake dan kelembutanya.
  2. Baik untuk membuat ice atau minuman
Berbentuk Bubuk :
  1. Baik untuk membuat cake, karena tidak dapat mempengaruhi tertur cake dan dapt menambah aroma yang enak dan nikmat, serta dapat menghilangkan bau amis telur dan apek pada terigu yang kita gunakan.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Perbedaan Essen Vanili Dengan Ekstrak Vanili yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon