Tuesday, July 25, 2017

Penggolongan Media Mati Berdasarkan Konsistensinya/Bentuknya

Penggolongan Media Mati Berdasarkan Konsistensinya
Media sintetis merupakan media yang mempunyai kandungan dan isi bahan yang telah diketahui secara terperinci. Media sintetis sering digunakan untuk mempelajari sifat faali dan genetika mikroorganisme . Senyawa anorganik dan senyawa organik ditambahkan dalam media sintetik harus murni.



1. Media Padat (Solid Media)
Media padat diperoleh dengan cara menambahkan agar-agar. Agar berasal dari ganggang yang berfungsi sebagai bahan pemadat. Alga digunakan karena bahan ini tidak diuraikan oleh mikroorganisme , dan dapat membeku pada suhu di bawah 45 derajat cellcius. Media pada terbagi menjadi media agar miring, dan agar deep. Contoh dari medium padat adalah agar bulyon, agar endo,agar SS , dan agar lain-lain. Medium padat dapat berupa bahan almiah , misalnya medium yang terbuat dari bahan kentang wortel maupun bahan anorganik, misalnya slica gel.



2. Media Setengah Padat (Semi - Solid Media)
Media setengah padat dibuat dengan bahan sama dengan media padat, akan tetapi yang berbeda adalah komposisi agarnya. Media ini digunakan untuk melihat gerak kuman secara mikrospok dan kemampuan fermentasi. Medium setengah padat dalam keadaan panas (dipanasi) berbentuk cair, tetapi dalam keadaan ingin berbentuk padat. Berdasar keperluannya medium ini dapat dibuat tegak, atau miring . Beberapa contoh medium padat yakni medium agar.



3. Media Cair (Liquid Media)
Secara umum media cair adalah medium yang berbentuk cair. Medium cair dapat digunakan untuk brbagai tujuan seperti pembiakan mikroba dalam jumlah besar, penelahan fermentasi , dan berbagai macam uji. Beberapa contoh medium cair adalah kaldu nutrient,kaldu glukosa,air pepton,pembenihan kauffan,medium deretgula-gula,kaldu laktosa,BGLB (Brilliant Green Lactosa Bile Broth), air bulyon , dan lain sebagainya.



Nah itulah sedikit pembahasan tentang Penggolongan Media Mati Berdasarkan Konsistensinya/Bentuknya yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon