Monday, July 24, 2017

Pengertian Sterilisasi Beserta Jenisnya Dalam Ilmu Mikrobiologi

STERILISASI
Sterilisasi adalah suatu usaha atau proses untuk mencucihamakan bahan alat yang akan digunakan untuk pemeriksaan dan pengujian mikrobiologi. Bahan atau peralatan yang dipergunakan dalam bidang mikrobiologi harus dalam keadaan steril. Steril artinya tidak didapatkan mikroba yang tidak diharapkan kehadirannya, baik yang menganggu atau merusak media atau menganggu kehidupan dan proses yang sedang dikerjakan. Setiap Proses baik fisika,kimia, dan mekanik yang membunuh semua bentuk hidup terutama mikroorganisme disebut dengan sterilisasi.


Pada prinsipnya sterilisasi dilakukan dengan 3 cara yaitu :

1. Sterilisasi Secara Mekanik
Sterilisasi secara mekanik (filtrasi) menggunakan saringan yang berpori sangat kecil (0,22 mikron atau 0,45 mikrob) sehingga mikroba tertahan pada saringan tersebut. Proses ini ditujukan utuk sterilisasi bahan yang peka panas, misalnya larutan enzim dan antibiotic

2. Sterilisasi Secara Fisik
Sterilisasi secara fisik dapat dilakukan dengan pemanasan dan penyinaran

Pemanasan

  • Pemijaran secara langsung (dengan api langsung). Sterilisasi dengan membakar alat pada api secara langsung , contoh alt : jarum inokulasi,pinset,batang L.

  • Panas Kering. Sterilisasi panas kering yaitu sterilisasi dengan oven pada suhu 160 sampai dengan 180 derajat cellcius selama 1-2 jam. Sterilisasi panas kering cocok untuk alat yang terbuat dari kaca misalnya cawan petri , pipet volum,erlenmeyer,tabung reaksi.

  • Uap Air Panas. Sterilisasi uap panas yaitu sterilisasi dengan menggunakan waterbath atau bisa dengan menggunakan panic (mengukus) . Bahan yang mengandung air lebih tepat menggunakan metode ini.

  • Uap Air Panas Bertekanan. Sterilisasi dengan menggunakan autoclave pada suhu 121 derajat cellcius selama 15 menit, Sterilisasi ini diperuntukkan untuk media.


Penyinaran
  • Penyinaran. Sinar ultra violet dapat digunakan untuk sterilisasi, misal lampu Ultra Violet (UV) yang ada pada alat luminary flow.

3. Sterilisasi Secara Kimiawi
Sterilisasi secara kimiawi biasanya menggunakan senyawa desinfektan antara lain alkohol



Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengertian Sterilisasi Beserta Jenisnya Dalam Ilmu Mikrobiologi yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon