Monday, July 17, 2017

Mitos Susu Dan Kopi Bagi Para Atlet

MITOS SUSU DAN KOPI BAGI PARA ATLET

Mitos Susu
Banyak para atlet,pelatih dan pembina olah raga percaya, bahwa susu adalah penyebab kram dan diare, Susu terutama yang rendah lemak atau skim sangat mudah dicerna, dan gizinya tinggi. Seorang atlet, kalau ia minum susu lalu diare, disebabkan karena lactose intolerance atau tidak tahan laktosa. Hal ini dapat diterangkan sebagai berikut.





Seseorang yang sudah lama tidak pernah minum susu , maka enzim lactose menjadi hilang. (lactose hanya ada dalam susu, tidak ada dalam bahan makanan lain, karena itu lactose disebut pula sebagai karbohidrat susu). Apabila sekarang yang bersangkutan minum susu, sedangkan enzim lactosenya sudah hilang, atlet tersebut akan menderita diare.


Mitos Kopi
Seorang atlet mempunyai kebiasaan minum secangkir kopi sebelum bertanding. Dia beranggapan bahwa kopi meningkatkan kemampuannya bertanding.


Ada penelitian membuktikan bahwa caffein memberi keuntungan untuk seorang atlet enduras. Minum kopi sebelum bertanding memberi stimulan untuk merelease lemak ke dalam peredaran darah , dan otot membakar lemak ini menjadi energi. Seorang atlet endurans akan dapat lebih lama bertahan melakukan latihan sebelum glikogen habis terpakai, Jadi kopi memberikan efek positif terhadap ketersediaan energi, sedangkan banyak peneliti-peneliti lain meragukan kebenaran ini. Akhir akhir ini beberapa peneliti mengemukakan bahwa tidak ada efek kopi terhadap peforma apabila atlet yang bersangkutan makan makanan tinggi karbohidrat. Karbohidrat yang tinggi dalam makanan lebih memberikan efek terhadap ketersediaan energi dari pada kopi.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Mitos Susu Dan Kopi Bagi Para Atlet yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon