Tuesday, July 18, 2017

Mitos Suplemen Bagi Tubuh Manusia

Mitos Suplemen
Umumnya atlet yang bisa menggunakan suplement beranggapan bahwa sedikit sudah baik, kalau banyak tentu akan lebih baik lagi. Dalam hal ini mereka cukup mengetahui tentang bagaimana vitamin bekerja dan bereaksi didalam tubuh. Vitamin kalau dikomsumsi terlalu banyak akan dapat menyebabkan toksis. Misalnya, vitamin B6 yang dikomsumsi lebih dari 1,0 gr perhari dalam jangka berbulan-bulan dapat berakibat hilang kordinasi otot dan paralysis. Terlalu banyak vitamin C (lebih dari 1 gr per hari) dapat menyebabkan masalah pada pencernaan,batu ginjal,dan diare. Pada umumnya , bila dosis lebih besar dari 10 kali lipat RDA (kebutuhan) dianggap sebagai megadosis, dan hanya diminum dibawah pengawasan dokter.



Apa efek sampingan yang tidak dikehendaki dari suplemen gizi megadosis?. Semua vitamin atau zat gizi lainnya tersusun dari zat kimia. Pada megadosis, dalam sistem enzim didalam tubuh kita berfungsi sebagai katalisator, tetapi karena terlalu banyak sebagian lagi berfungsi sebagai suatu zat kimia atau tidak lagi sebagai zat gizi. Sebagai contoh vitamin C, pada dosis rendah vitamin C berfungsi sebagai pengikat jaringan dan pencegahan skurvi, tetapi dalam jumlah besar vitamin C berfungsi sebagai pengikat jaringan dan pencegahan skurvi, tetapi dalam jumlah besar vitamin C dapat berfungsi macam-macam misalnya sebagai agen reduksi yang dalam beberapa hal berbahaya untuk kesehatan, misalnya meningkatkan kadar asam uric, dan meningkatkan resiko terhadap penyakit gout. Terlalu berlebihan vitamin C dapat pula berakibat kurang baik terhadap penyakit diabetes. misalnya tes urine menjadi negatif padahal positif.


Orang-orang menggunakan suplemen karena merasa bahwa menu makanannya miskin akan zat-zat gizi, atau dia memerlukan zat-zat gizi lebih banyak dari pada orang lain karena keadaan tertentu , misalnya perokok berat,stress dan lain-lain. Pada keadaan yang kurang menguntungkan ini, terjadi penghambatan sekresi atau kinerja enzim yang membuat sistem metabolisme menjadi kurang efesien. Atau dengan kata lain apabila tubuh menggunakan zat-zat gizi dalam percepatan yang tinggi , maka orang tersebut membutuhkan zat-zat gizi tertentu dalam jumlah banyak yang belum tentu dapat disuplai hanya dari makanan.


Yang terbaik yang anda harus lakukan adalah meningkatkan perilaku makan yang sehat, dan jangan mengikuti orang lain dalam berperilaku makan atau minum suplemen tertentu, karena sesuatu yang baik buat orang lain belum tentu baik untuk anda. Jika anda sudah terbiasa dengan suplemen. bacalah label dengan hati-hati  dan pilih suplemen yang terbuat dari bahan alami.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Mitos Suplemen Bagi Tubuh Manusia yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon