Wednesday, July 19, 2017

Mitos Protein Bagi Tubuh Manusia

Mitos Protein
Sejak zaman yunani kuno, mereka sudah mengenal nasihat-nasihat gizi untuk atlet supaya berprestasi lebih tinggi. Nasihat pelatih untuk atlet antara lain makan daging rusa supaya lebih cepat larinya, makan daging kambing supaya lebih tinggi loncatnya, dan makan daging sapi jantan agar lebih kuat membanting lawannya. Zaman sekarang,pelatih menganjurkan lebih banyak makan protein agar lebih baik prestasi yang dicapai.



Protein adalah zat gizi yang utama untuk mempertahankan pertumbuhan dan struktur tubuh, tetapi protein adalah sumber yang miskin untuk penyediaan energi dalam periode yang cepat untuk orang yang aktif fisiknya. Banyak atlet yang makan protein 3 atau 4 kali lebih banyak dari kebutuhannya.

Atlet sesungguhnya hanya membutuhkan 50 sampai 80 gr protein per hari. Apa yang akan terjadi bila atlet mengkomsumsi protein terlalu bayak?. Di dalam pencernaan sebelum diabsorpsi, protein dipecah menjadi asam asam amino. Asam-asam amino ini kemudian dibentuk bermacam-macam protein sesuai fungsinya seperti untuk mempertahankan dan mengganti sel-sel rusak dengan sel-sel baru, pembentukan enzim dan hormon, mempertahankan kekebalan tubuh terhadap penyakit dan lainnya. 



Jika protein yang dikomsumsi lebih banyak dari yang dibutuhkan , maka kelebihan protein disimpan dalam bentuk lemak badan. Dengan kata lain badan menjadi gemuk, bukan otot yang bertambah besar. Pada metabolisme protein , dikeluarkan bahan sisa yang bersifat toksik yaitu amonia dan urea. Kedua bahan sisa ini harus dikeluarkan dari tubuh didalam urine. Jika protein yang dikomsumsi terlalu banyak, maka atlet akan lebih banyak kencing untuk mengeluarkan bahan tosis tersebut, sehingga ginjal akan bekerja lebih keras demikian pula hati untuk menormalkan bahan toksis tersebut yang tersisa didalam tubuh. Selain itu bersama urine akan beresiko terhadap dehidrasi, dan kekurangan zat-zat mineral, dan menurunkan peforma atlet.



Nah itulah sedikit pembahasan tentang Mitos Protein Bagi Tubuh Manusia yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon