Thursday, July 27, 2017

Kelompok Yang Selalu Tegang Mikrobiologi Kelompok 1 KI 2

Catatan Pelajar SMK SMTI Makassar
Lab.Mikrobiologi Kelompok 1 KI2
Sesuai dengan program admin dalam penyampainnya pada artikel : penyampaian atas program aktifitas siswa didik. maka dalam seminggu ini admin telah merangkum beberapa memori singkat yang akan dimuat dalam bentuk cerita atas catatan sang penulis, baik berikut adalah cerita dari salah satu kelompok yang selalu tegang disetiap harinya.

Sebut saja mereka adalah kelompok tegang, mengapa demikian?? karena di hari pertama mereka masuk sekolah mereka langsung mengahadapi sistem pembelajaran yang dinamakan dengan sistem block, yang artinya mereka yang pada awalanya beranggotakan 30 an lebih siswa dalam satu kelas terbagi menjadi beberapa kelompok dimana di setiap kelompoknya beranggotakan 5-6 orang , namun khusus untuk kelopok yang memasuki laboratorium mikrobiologi ini beranggotakan 6 orang, dimana dalam kelompok ini 1 diantaranya adalah seorang anak laki-laki yang menurut penulis pendiam dan tak banyak bicara tapi murah senyum :). Sedangkan 5 anggota lainnya adalah para srikandi-srikandi muda dan cantik ceria :) :P.

Keenam anggota kelompok tersebut bernama :

  1. Muh.Fauzi Alamsyah. Seorang anak muda pendiam dan murah senyum.
  2. Nurhidayah. Seorang gadis lugu yang penuh senyuman.
  3. Sesilia Tamnu Bua. Seorang gadis berparas cilik dan pintar dalam menyusun kata-kata lisan.
  4. Resty Angriani. Seorang gadis yang penuh tawa.
  5. Nurfatihah Rezky. Seorang gadis yang lincah,pintar dan penuh rasa penasaran akan suatu hal bisa dibilang ia adalah ketua dari kelompok ini
  6. Nachwa Nurul Mutia T. Seorang gadis penuh ceria dan handal dalam mengatur keuangan.

Nah kelima siswa ini nantinya akan bersama-sama dalam mengikuti segala praktikum yang akan mereka jalani selama melakukan study di SMK SMTI Makassar untuk beberapa tahun kedepannya (semoga).

Hari Dimana Mereka Terlambat Mengikuti Materi
Sesuai dengan pengamatan sang penulis mereka ber-enam adalah kelompok yang unik karena karakter dari setiap anggota yang ada pada kelompok ini berbeda-beda, namun sayang dari keunikan yang unggul dalam kelompok ini harus dihalangi oleh kerja sama antar sesama anggota dalam menjalani beberapa materi. Akibatnya kordinasi antara kelompok dengan guru bidang sdtudi masih kurang akibatnya di hari kedua mereka menjalani materi di laboratorium ini mengalami kewalahan karena di sebabkan oleh laporan praktikum yang harusnya sudah dikerjakan belum selesai maka dengan kejadian ini mereka ber-enam tertinggal 1 materi. 

Namun mereka tak putus asa selang beberapa jam kemudian mereka berhasil memasuki laboratorium mikrobiologi dengan menyelesaikan laporannya dan akhirnya mereka bisa menyusul materi yang tertinggal. Nah dengan semangat mereka ini ppenulis yakin bahwa suatu saat mereka akan membentuk sebuh kerjasama dan kordinasi yang lebih baik untuk kedepannya.

Hari Dimana Ujian Berlansung
Dilaboratorium mikrobilogi ini terdapat 2 hari untuk melakukan ujian, dimana hari kamis dimanfaatkan untuk melakukan ujian tertulis dan di hari jum'at dimanfaatkan untuk melakukan ujian lisan (Ujian Praktek) dalam bentuk simulasi. Nah dihari dimana ujian berlansung mereka menjalinya dengan sebagaimana mestinya ujian diadakan, tak ada hal yang menrik yang terjadi dan ujiannya pun berjalan dengan lancar. Namun ada beberapa diantara mereka yang harus menjalani ujian revisi karena nilai mereka belum melampaui nilai standar. Setelah beberapa anggota melakukan revisi ujian mereka berhasil dengan mendapatkan nilai yang bisa kita katakan sebagai nilai yang baik.

Hari Terakhir Dilaboratorium Mikrobiologi
Ada hal yang sangat disayangkan dalam metode pembelajaran block seperti ini yaitu kelompok ini hanya 4 kali mengikuti pembelajaran dalam 3 tahun kedepannya. dimana 2 pertemuan dilakukan pada semester awal (1) dan 2 pertemuan terakhir yang akan dilakukan pada semester 2, jadi total hanya ada 4 pertemuan untuk kelompok ini menjalani materi mikrobiologi. Semoga saja dengan waktu singkat yang meraka gunakan ini akan menjadi sebuah memori yang mudah mereka ingat dan bisa mereka jadikan bekal untuk menjadi seorang analis berbakat.

dihari terakhir penulis berjumpa dengan kelompok ini , kami sempat saling bercanda dan tertawa bersama, tak lupa juga penulis mengerjai mereka dengan memberikan sebuah informasi yang membuat mereka tegang kembali, "SEBENTAR ADA UJIAN UAS LAGI YAH" mereka pun sontak merasa kaget dan tegang, dan muncullah banyak pertanyaan dari mereka , kak ujiannya ujian apa ? kak materinya apa ? kak soalnya jangan susah ? kak?kak? dan kak?. Sontak penulis berkata ujian hari terakhir ini adalah ujian yang menyangkut semua materi dari hari pertma hingga pertemuan terakhir. maka mereka sontak kembali tegang. Dan pada akhirnya ini hanya sebuah candaan dari sang penulis.

"deh kak toh na balle-bellei ki ujian beng baru ternyata tidak ji, dummbak ta mo lagi kodong"
hahahahah, kata di atas adalah kata yang terlontar dari para siswa yang tegang ini. Baik dengan cerita singkat ini semoga saja para siswa yang membaca artikel catatan pelajar ini akan menjadi salah satu memori yang dapat diingat oleh para siswa.

"Tetap Kompak Dan Selesaikan Apa Yang Kalian Mulai"


Penulis


EmoticonEmoticon