Wednesday, July 5, 2017

Kebutuhan Serta Akibat Protein,Vitamin Dan Mineral Bagi Tubuh

Tags

KEBUTUHAN PROTEIN
Kebutuhan protein dapat ditentukan dengan cara menghitung jumlah nitrogen yang dikeluarkan melalui urine. Seorang laki-laki dengan berat badan 70 kg kira-kira kandungan nitrogennya sebanyak 3 gram atau setara dengan 3 x 6,25 gr = 18,75 gr protein. Haltersebut menunjukkan secara teoritik kebutuhan protein adalah 18,75 gr/hari, tetapi jumlah tersebut ternyata tidak mencukupi karena tidak semua bahan makanan dapat diambil proteinnya.



Akibat yang muncul karena terlalu banyak mengkomsumsi protein antara lain :

  1. Kelebihan protein akan disimpan dalam bentuk lemak sehingga akan menjadi semakin gemuk.
  2. Memperberat kerja hati dan ginjal untuk membuang nitrogen pada metabolisme asam amino (deaminasi).
  3. Produksi urine berlebihan dapat mengganggu penampilan.
  4. Mineral-mineral penting seperti potasium kalium,magnesium akan terbuang bersama urine sehingga dapat menimbulkan dehidrasi.
  5. Protein bukan energy yang siap pakai , proses metabolisme memerlukan waktu yang lama.
  6. Protein merupakan sumber energi yang kurang efesien karena SDA (Spesifik Dynamik Action) atau energi yang dibutuhkan untuk proses metabolisme cukup besar yakni 30-40% padahal SDA (Spesifik Dynamik Action) karbohidrat hanya 6-7% dan SDA (Spesifik Dynamik Action) lemak 4-14%.

KEBUTUHAN VITAMIN DAN MINERAL
Kebutuhan vitamin dan mineral akan meningkat sejalan dengan tingkat aktifitas . Atlet yang melakkan olahraga berat akan memerlukan vitamin dan mineral lebih banyak. Kecukupan vitamin dan mineral dari bahan makanan alami sering sulit dipenuhi pada anak-anak dan atlet karena pada umumnya tidak mudah mengkomsumsi sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang dapat memenuhi kebutuhannya . Oleh karena itu diperlukan suplemen vitamin dan mineral.


Perbedaan terhadap kebutuhan vitamin tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti berikut :
  1. Kebiasaan minum alkohol dapat mengganggu penyerapan vitamin B1,asam folat,B12 dan vitamin C.
  2. Kebiasaan makan aspirin dosis tinggi dan obat-obatan inflamasi dapat menurunkan kadar vitamin C.
  3. Kontrasepsi oral dapt mengurangi cadangan vitamin B1,B2,B6, asam folat dan Vitamin C.
  4. Merokok meningkatkan kebutuhan vitamin C Karena asam rokok atau karbon monosakarida termasuk zat radikal bebas dan mengganggu vitamin B1 dan B2.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang kebutuhan serta akibat dari Protein,Vitamin Dan Mineral bagi tubuh yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon