Sunday, June 11, 2017

Teori Model Atom Menurut Niels Bohr

MODEL ATOM NIELS BOHR
Bagaimanakah atom menghasilkan spektrum garis?. Pada tahun 1914, Niels Bohr dapat menjelaskan spektrum garis menggunakan teori kuantum Max Planck, Menurut Niels Bohr , Spektrum garis menunjukkan bahwa elektron dalam atom hanya dapat berada pada tingkat energi tertentu. Pemancaran radiasi terjadi pada saat elektron berpindah dari satu tingkat energi lebih tinggi ketingkat energi lebih rendah. Sebaliknya , perpindahan elektron dari lintasan dengan tingkat energi lebih rendah ketingkat energi lebih tinggi disertai penyerapan energi.



Model atom menurut Niels Bohr mirip sistem tata surya dengan matahari sebagai inti atom dan planet menggambarkan elektron yang beredar mengitari inti. Niels Bohr berhasil menjelaskan gagasannya dengan menggunkan atom hidrogen sebagai model.

Berikut adalah model atom menurut Niels Bohr :

1. Dalam atom terdapat lintasan stasioner dengan tingkat energi tertentu tempat elektron dapat beredar mengitari inti tanpa disertai pemancaran atau penyerapan energi. Lintasan itu, yang juga disebut kulit atom, adalah orbit berbentuk lingkaran dengan jari-jari tertentu. Tiap lintasan ditandai dengan satu bilangan yang disebut bilangan kuantum utama (n) mulai dari 1,2,3,4 dan seterusnya yang dinyatakan dengan lambang K,L,M,N dan seterusnya.

Lintasan pertama, n = 1, disebut kulit K
Lintasan kedua, harga n = 2, disebut kulit L, dan seterusnya 
Makin besar harga n (makin jauh dari inti) makin besar energi elektron yang mengorbit pada kulit itu



2. Pada keadaan normal (tanpa pengaruh luar), elektron menempati tingkat energi terendah. Keadaan seperti itu disebut tingkat dasar (ground state). Jika atom mendapat radiasi maka elektron akan menyerap frekuensi tertentu kemudian meloncat ke tingkat energi lebih tinggi. Perpindahan elektron ketingkat lebih tinggi membuat atom berada pada keadaan yang tidak stabil, yang disebut keadaan tereksitasi. Keadaan tereksitasi tidak berlangsung lama, elektron akan segera kembali ke tingkat energi yang lebih rendah disertai pemancaran energi berupa radiasi elektromagnet. Energi radiasi yang dipancarkan sama dengan selisih tingkat energi akhir dengan tingkat energi awal. Denagn demikian dijelaskan mengapa spektrum atom merupakan spektrum garis.

Niels Bohr dapat menjelaskan spektrum gas hidrogen yang ditemukan dari percobaan dengan merumuskan tingkat energi atom hidrogen,


Nah itulah beberapa penjelasan singkat tentang teori atom Niels Bohr serta model atom yang ia  temukan dalam percobaannya, semoga materi ini dapat berguna buat keperluan akademik kalian . Jika kalian ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon