Friday, June 9, 2017

Sejarah Penemuan Inti Atom Dan Penjelasannya oleh Ernest Rutherford

PENEMUAN INTI ATOM
Pada tahun 1910, Ernest Rutherford bersama dua orang  asistenya , yaitu Hans Geiger dan Ernest Marsden, melakukan serangkaian percobaan untuk mengetahui lebih banyak tentang susunan atom. Mereka menembak lempengan logam yang sangat tipis dengan partikel sinar alfa berenergi tinggi.



Mula-mula mereka menembaki lempeng emas, kemudian beberapa logam lain. Mereka menemukan bahwa sebagian besar partikel alfa dapat menembus lempengan logam tanpa pembelokan yang berarti , seolah-olah lempeng logam itu tidak ada. Akan tetapi kemudian mereka menemukan bahwa sebagian kecil dari partikel alfa mengalami pembelokan yang cukup besar, bahkan beberapa diantaranya dipantulkan. lihatlah gambar berikut ini.


Adanya partikel alfa yang terpantul sangat mengejutkan Rutherford. Partikel alfa yang terpantul itu pastilah telah menabrak sesuatu yang sangat padat dalam atom. Pada tahun 1911, Rutherford dapat mejelaskan penghambaran sinar alfa oleh lempeng logam tipis dengan mengatakan bahwa dengan sebagian besar dari massa dari muatan positif atom terkonsentrasi pada bagian pusat atom yang selanjutnya disebut inti atom.



Elektron beredar mengitari inti pada jarak yang relatif sangat jauh . Lintasan elektron itu disebut kulit atom. Jarak dari inti hingga kulit atom disebut jari-jari atom . Ukuran jari-jari atom adalah sekitar 10-8 cm. Sedangkan jari-jari inti atom adalah sekitar 10-13 cm. Jadi sebagian besar dari atom merupakan ruang hampa . Bila diameter ini diibaratkan 2,8 cm, maka penampang atom diibaratkan 2,8 cm, maka penampang atom ibarat lapangan bulat dengan diameter 2,8 km.



Dengan model seperti itu , penghamburan sinar oleh alfa lempeng logam tipis dapat dijelaskan sebagai berikut :
  1. Sebagian besar partikel sinar alfa dapat tembus karena melalui daerah hampa.
  2. PArtikel alfa yang mendekati inti atom dibelokkan karena mengalami gaya tolak inti.
  3. Partikel alfa yang menuju inti atom dipantulkan karena inti atom bermuatan positif dan sangat masif.



Nah itulah beberapa penjelsan mengenai penemuan inti atom dan beberapa percobaan yang dilakukan oleh ernest ratherford dalam menyelesaikan penemuannya ini. jika materi ini berguna silahkan anda sebarkan ke sesama teman anda biar kita sama-sama menyebarkan ilmu keseluruh anak indonesia dan jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan anda klik disini.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon