Wednesday, June 21, 2017

Proses Terjadinya Pencernaan Dan Penyerapan Protein

Tags

PENCERNAAN DAN PENYERAPAN PROTEIN
Proses terjadinya pencernaan dan penyerapan makanan jenis protein secara berurutan adalah sebagai berikut :

  1. Dimulut, pencernaan mekanik oleh gigi dan tidak terjadi pencernaan secara kimiawi.
  2. Dilambung, gerakan lambung merupakan pencernaan mekanis didaerah ini, sedangkan pencernaan di kimiawi yang terjadi didalamnya adalah penguraian protein menjadi pepton dan asam amino yang dilakukan oleh enzim pepsin.
  3. Disusus halus, pencernaan mekanik dilakukan oleh gerak perislatik usus, sementara pencernaan kimiawi berlangsung melalui enzim peptidase mengurai polypeptida menjadi asam amino.


Hasil akhir proses pencernaan, karbohidrat dalam bentuk hexose/glukosa (monosakarida) , lemak dalam bentuk asam amino akan diangkut keseluruh tubuh melalui sistem peredaran darah . Adapun makanan yang tak dapat diserat usus halus akan masuk ke usus besar, dalam usus besar terjadi penyerapan air , vitamin, dan mineral sedangkan sisa-sisanya akan dibuang kedalam faeces atau tinja.

Lama pencernaan dipengaruhi oleh jenis makanan. karbohidrat memerlukan waktu 2 jam . lemak 5 jam, dan protein 3 jam, waktu rata-rata makanan berada dalam lambung sampai meninggalkan lambung kurang lebih 3 jam.


Kecepatan penyerapan (absorbetion rate) zat gizi dipengaruhi oleh :
  1. Digestibility (daya cerna)
  2. Komposisi zat gizi
  3. Keadaan "normalitas" membran mukosa usus halus
  4. Status kelenjar endogrin taua hormon
  5. Masukan vitamin yang adekuat khususnya vitamin B kompleks untuk karbohidrat
Secara umum dikatakan bahwa glukosa dan galaktosa diserap lebih cepat dibanding fruktosa. Protein lebih mudah dan lebih baik diserap dibanding protein nabati.


Nah itu lah sedikit pembahasan tentang proses terjadinya pencernaan dan penyerapan protein didalam tubuh manusia yang sempat saya bagikan ke kalian, jika materi ini berguna silahkan anda sebarkan melalui social media yang kalian miliki . dan jka anda ingin melihat materi lainnya silahkan anda klik disini. Saya ucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda pada blog ini.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon