Thursday, June 8, 2017

Penjelasan Tentang Nomor Atom (Z) Dan Nomor Massa (A)

NOMOR ATOM (Z)
Jumlah proton dalam suatu atom disebut dengan nomor atom (lambang Z) . Nomor atom merupakan ciri khas dari setiap unsur , artinya atom dari unsur yang sama mempunyai nomor atom yang sama dan berbeda dari atom unsur lain. 



Misalnya, hidrogen mempunyai nomor atom 1 , sedangkan karbon mempunyai nomor atom 6. Jadi, semua atom hidrogen mempunyai proton, sedangkan atom karbon mempunyai 6 proton. Dengan perkataan lain, atom yang mempunyai 6 proton adalah karbon. Oleh karena itu proton adalah satu-satunya partikel bermuatan dalam inti, maka nomor atom juga menyatakan muatan intinya. Inti atom H bermuatan +1 dan inti atom karbon bermuatan +6.

Jumlah Proton = Z

Atom bersifat netral karena mengandung elektron yang jumlahnya sama dengan jumlah prton. Jadi nomor atom juga menyatakan jumlah elektron dam atom. Semua atom hidrogen mempunyai 1 elektron sedangkan atom karbon mempunyai 6 elektron tanpa mengubah jenis unsurnya. Atom yang kehilangan elektron berubah menjadi ion positif, sementara yang medapat tambahan elektron berubah menjadi negatif.


Contoh :
Nitrogen mempunyai nomor atom 7, berarti :
Atom N mempunyai 7 proton dan 7 elektron
Ion N+ mempunyai 7 proton dan 6 elektron
Ion N3- mempunyai 7 proton dan 11 elektron

Dalam atom netral , jumlah elektron  = Z
Dalam ion bermuatan +x, jumlah elektron = Z - x
Dalam ion bermuatan -x, jumlah elektron = Z + x

NOMOR MASSA (A)
Telah disebutkan bahwa massa elektron sangat kecil dibandingkan terhadap massa proton atau neutron. Jadi massa suatu atom praktis hanya ditentukan oleh jumlah proton dan neutronnya. Jumlah proton dan neutron ini disebut dengan nomor massa.
Selanjutnya , susunan suatu atom dinyatakan dengan notasi sebagai berikut ;


keterangan :
X = Lambang unsur
Z = Nomor atom
A = Nomor massa

Jumlah proton (p) = Z
Jumlah elektron (e) = Z
Jumlah neutron (n) = A - Z


Oleh karena itu massa proton dan neutron adalah sangat dekat dengan 1 sma, maka massa atom selalu mendekati bilangan bulat, sama dengan nomor massanya dalam suatu sma. Satuannya menjadi gram untuk 1 mol.


EmoticonEmoticon