Tuesday, June 13, 2017

Penjelasan Materi Penelitian Eksperimental Semu Dan Murni

Tags

PENELITIAN EKSPERIMENTAL
Penelitian eksperimental merupakan suatu penelitian dimana peneliti melakukan kegiatan intervensi atau perlakuan khusus pada objek atau sasaran yang diteliti. Dengan demikian pada penelitian eksperimental, peneliti dapat mengatur perlakuan sesuai dengan keinginannya, dapat mengamati proses kejadian secara langsung, baik pada individu maupun pada kelompok . Secara garis besarnya dikenal ada dua macam penelitian eksperimental , yaitu : 

  1. Penelitian eksperimental murni
  2. Penelitian eksperimental semu



Berikut adalah penjelasan dari kedua jenis penelitian tersebut :

1. Penelitian Eksperimental Murni
Penelitian eksperimental murni merupakan suatu penelitian eksperimental yang sering dilakukan di laboratorium maupun klinik dengan menggunakan randomisasi yaitu setiap individu dalam penelitian tersebut mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih dalam kelompok kasus atau kontrol. 



Yang termasuk dalam kelompok ini antara lain penelitian laboratorium untuk uji hipothesis tentang penyebab dan faktor resiko, percobaan klinik (clinical trial) termasuk uji coba pengobatan, pencegahan dan intervensi pada kelompok komunitas tertentu dalam menentukan resiko tinggi (high risk group) serta untuk menilai berbagai kegiatan klinik dalam komunitas tertentu.


2. Penelitian Eksperimental Semu
Penelitian eksperimental semu (quasy experimental) merupakan suatu penelitian eksperimental tanpa menggunakan randomisasi . Bila pada penelitian ekperimental murni, peneliti telah lebih banyak menggunakan binatang percobaan maka pada eksperimental semu dapat dilakukan terhadap kelompok populasi tertentu yang merupakan satu kesatuan unit yang utuh dan tidak terpisahkan . 



Bentuk penelitian ini antara lain intervensi komunitas, uji coba sistem pelayanan kesehatan terpadu bagi masyarakat, analisis biaya pelaksanaan usaha kesehatan pada kelompok penduduk tertentu dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini hasil yang diperoleh dapat dibandingkan dengan keadaan pada kelompok penduduk lainnya atau dengan kelompok penduduk yang sama sebelum percobaan dilakukan.


Nah itulah tadi beberapa penjelasan menganai penelitian eksperimental yang secara garis besar terbagi dua yakni eksperimental murni dan eksperimental semu seperti yang saya tuliskan diatas. Jika materi ini bermanfaat bagi kerabat anda atau orang terdekat anda silahkan anda sebarkan materi ini melalui social media yang kalian miliki dan jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan anda klik disini. Terima kasih telah berkunjung ke blog akademik saya.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon