Thursday, June 15, 2017

Pengertian Realiabilitas Dan Faktor Utamanya

Tags

PENGERTIAN REALIABILITAS
Realibilitas adalah kemampuan tes memberikan hasil yang sama / konsisten bila tes diterapkan lebih dari satu kali pada sasaran (objek) yang sama dan pada kondisi yang sama pula. 



Dalam hal tingkat realibilitas maka ada dua faktor utama yang perlu mendapatkan perhatian khusus, yakni :

  1. Variasi dari cara penyaringan yang sangat dipengaruhi oleh stabilitas alat tes atau reagensia yang digunakan , serta flaktuasi keadaan dari nilai yang akan diukur (umpamanya tekanan darah yang sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor dan alat yang digunakan).
  2. Kesalahan pengamatan atau perbedaan pengamat yang meliputi adanya nilai yang berbeda karena dilakukan oleh pengamat yang berbeda, atau adanya nilai yang berbeda walaupun dilakukan oleh pengamat yang sama.



Untuk meningkatkan nilai realibilitas tersebut diatas , maka dapt dilakukan beberapa usaha tertentu.
  • Pembakuan / standarisasi cara penyaringan.
  • Peningkatan dan pemantapan keterampilan tim pengamat melalui training.
  • Pengamatan yang cermat pada setiap nilai hasil pengamatan.
  • Menggunakan dua atau lebih pengamat untuk setiap pengamatan.
  • Memperbesar klasifikasi (kelompok) kategori yang ada terutama bila kondisi penyakit juga bervariasi/bertingkat.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai materi epidemilogi dimana salah satu materinya adalah membahas tentang realibilitas dan beberapa faktor utamanya dan telah saya tiliskan seperti apa yang anda baca diaatas, jika materi ini berguna silahkan anda simpan dan copy dan jika kalian ingin melihat materi lainnya silahkan anda klik disini, kemudian jika anda adalah seorang pembaca yang baik maka silahkan anda sebarkan materi ini melalui social media yang kalian miliki karena secara otomatis materi yang anda sebarkan tersimpan dalam beranda social media anda. Terima kasih telah berkunjung di blog sederhana saya.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon