Thursday, June 22, 2017

Pengertian Metabolisme Basal Dalam Ilmu Kesehatan

Tags

PENGERTIAN METABOLISME BASAL
Metabolisme basal adalah banyaknya energi yang dipakai untuk aktifitas jaringan tubuh sewaktu istirahat jasmani dan rohani. Energi tersebut dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi vital tubuh berupa metabolisme makanan ,sekresi enzim,sekresi hormon, maupun berupa denyut jantung, bernafas, pemeliharaan tonus otot, dan pengaturan suhu tubuh.



Metabolisme basal ditentukan dalam keadaan individu istirahat fisik dan mental yang sempurna . Pengukuran metabolisme basal dilakukan dalam ruangan bersuhu nyaman setelah puasa 12 sampai 14 jam (keadaan postabsorptive). Sebenarnya taraf metabolisme basal ini tidak benar-benar basar , Taraf metabolisme pada waktu tidur ternyata lebih rendah dari pada taraf metabolisme basal, oleh karena itu selama tidur otot-otot terelaksasi lebih sempurna. Apa yang telah diterima dan diketahui secara luas.

Metabolisme basa dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu jenis kelamin,usia,ukuran dan komposisi tubuh, faktor pertumbuhan. Metabolisme basal juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti suhu,kelembaban,dan keadaan emosi atau stress.


Orang dengan berat badan yang besar dan proporsi lemak yang sedikit mempunyai berat badan yang besar tapi proporsi lemak yang besar. Demikian pula orang dengan berat badan yang besar dan proporsi lemak yang sedikit mempunyai metabolisme basal yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang mempunyai berat badan kecil dan proporsi lemak yang sedikit.

Metabolisme basal seorang laki-laki lebih tinggi dibanding dengan wanita. Umur juga mempengaruhi metabolisme basal dimana umur yang lebih muda mempunyai metabolisme basal lebih besar dibanding dengan yang lenih tua. Rasa gelisah dan ketegangan, misalnya saat bertanding menghasilkan metabolisme basal 5% sampai 10% lebih besar. Hal ini terjadi karena sekresi hormon epinefrin yang meningkat, demikian pula tonus otot meningkat.


Nah itulah beberapa penjelasan mengenai metabolisme basal dalam ilmu kesehatan yang sempat saya bagikan ke kalian , jika materi ini berguna silahkan anda sebarkan ke teman atau kerabat ter dekat anda dengan melalui social media yang anda miliki. semoga saja materi ini dapat berguna buat keperluan akademik kalian dan jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan anda klik disini. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon