Monday, June 12, 2017

Pengertian Epidemiologi Dalam Ilmu Kesehatan

Tags

PENGERTIAN EPIDEMIOLOGI
Epidemiologi merupakan suatu cabang ilmu kesehatan untuk menganalisis sifat dan penyebaran berbagai masalah kesehatan dalam suatu penduduk tertentu serta mempelajari sebab timbulnya masalah gangguan kesehatan tersebut untuk tujuan pencegahan maupun penanggulangannya. Epidemiologi merupakan filosofi dasar disiplin ilmu-ilmu kesehatan, termasuk kedokteran, yakni suatu proses logis untuk menganalisis serta memahami hubungan interaksi antara proses fisik, biologis, dan fenomena social yang berhubungan erat dengan derajat kesehatan, kejadian penyakit maupun gangguan kesehatan lainnya. Dalam hal ini sifat dasar epidemiologi lebih mengarahkan diri pada suatu kelompok penduduk atau masyarakat tertentu dan menilai peristiwa dalam masyarakat secara kuantitatif  (menggunakan nilai rate,ratio,proporsi,dan sejenisnya).




Metode epidemiologi merupakan cara pendekatan ilmiah dalam mencari faktor penyebab serta hubungan sebab akibat terjadinya peristiwa tertentu pada suatu kelompok penduduk tertentu. dalam hal ini istilah penduduk dapat berarti sekelompok objek tertentu , baik yang bersifat organisme hidup seperti manusia, binatang, dan tumbuhan, maupun yang bersifat benda/material seperti hasil produk industri dan benda lainnya. Dengan demikian tidak mengherankan bila metode epidemiologi tidak terbatas pada bidang kesehatan saja tetapi juga pada bidang lainnya termasuk bidang menejemen, oleh karena itu dalam penggunaannya , epidemiologi sangat berhubungan erat dengan berbagai disiplin ilmu diluar kesehatan , baik disiplin ilmu elsakta maupun ilmu social.



Metode epidemiologi yang telah berkembang dari masa lampau dengan pengamatan dan analisis masalah kesehatan pada penduduk tertentu , telah mengembangkan konsep yang dikenal dengan istilah "epidemiologi deskriptif". Bentuk tersebut mencoba mengembangkan barbagai nilai atau variabel yang dapat diukur berdasarkan berbagai kejadian yang ada dalam masyarakat dengan berbagai ukuran standar yang telah disepakati, seperti insidensi , pravalensi, serta nilai rate dan ratio. Dalam penerapannya , berbagai ketentuan telah dilakukan untuk dapat membandingkan keadaan satu penduduk terhadap penduduk lainnya, atau keadaan satu penduduk tertentu dari waktu ke waktu.


Nah itulah penjelasan singkat yang saya dapatkan dalam berbagai pembahasan dan saya satukan menjadi sebuah materi yang dapat diterima oleh sebagian orang yang membutuhkan materi ini, semoga saja materi yang saya berikan kali ini dapat membantu keperluan akademik kalian. Jika kalian ingin melihat materi lainnya silahkan anda klik disini dan jika materi ini berguna buat anda dan juga buat orang terdekat anda silahkan anda share (sebarkan) materi ini melalui akun media social yang kalian miliki, terima kasih telah berkuncung ke blog saya.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon