Tuesday, June 20, 2017

Pengaruh Olahraga Pada Kondisi Tubuh

Tags

PENGARUH OLAHRAGA PADA KONDISI TUBUH :

1. Pada sistem peredaran darah
Olahraga akan meningkatkan pemakaian pembuluh darah kapiler. Dampak dari keadaan ini akan menyebabkan bertambahnya darah ke dalam jaringan yang sedang aktif , dan pada otot akan mempertahankan daya tahannya (endurance). Denyut jantung istirahat akan berkurang pada olahragawan. 


Keadaan ini memberi petunjuk adanya peningkatan isi katub jantung dengan konsekuensi logis bertambahnya waktu istirahat bagi otot jantung . Peningkatan volume darah dan jumlah sel darah merah berbanding lurus dengan pertambahan kapasitas darah dalam membawa oksigen. Keadaan ini menguntungkan bagi peningkatan kemampuan kerja jaringan. Selain itu, metabolisme asam laktat akan lebih baik sehingga memperlambat timbulnmya rasa lelah.


2. Pada sistem otot
Daya tahan otot pada orang yang melakukan olahraga akan bertambah , karena terjadi perbaikan dalam sistem transportasi dari dan ke otot. Suplai makanan dan oksigen dengan sendirinnya menjadi bertambah baik , Pembuangan CO2 dan asam laktat jaringan yang sedang aktif menjadi lebih lancar . Tebal serabut otot juga bertambah karena cadangan energi dalam bentuk adenosine triphosephate (ATP),fosfokreaktin, dan glikogen bertambah.

3. Pada sistem pernapasan
Karena latihan-latihan olahraga, ventilasi pilmonal berkurang, sehingga orang tidak mudah terengah-engah dan kerja paru-paru menjadi lebih efesien.


4. Pada respiratory quotient (RQ)
Sumber energi utama selama latihan fisik yang dilakukan dalam jangka waktu yang pendek, berasal dari karbohidrat (glikogen) dengan RQ hampir satu. Makin lama latihan dilakukan dan secara berangsur-angsur, maka akan semakin banyak lemak terpakai sebagai sumber energi. Pemakaian karbohidrat dan lemak bersama-sama dalam proporsi tertentu akan menurunkan RQ campuran dengan oksigen yang lebih banyak . Kesehatan tubuh yang optimal adalah hasil interaksi kecukupan berbagai zat gizi dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kesehatan seseorang . Di lain pihak, kecukupan zat gizi ini ditentukan oleh banyak hal, dimana kegiatan fisik (termasuk olahraga didalamnya) merupakan salah satu diantaranya.


Nah itulah 4 pengaruh olahraga pada kondisi tubuh yang sempat saya bagikan ke kalian , jika materi ini berguna silahkan anda sebarkan ke teman atau kerabat ter dekat anda dengan melalui social media yang anda miliki. semoga saja materi ini dapat berguna buat keperluan akademik kalian dan jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan anda klik disini. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon