Monday, June 19, 2017

Materi Dasar Tentang Lemak Dan Protein Dalam Kesehatan

PENGERTIAN LEMAK
Lipid adalah sekelompok senyawa heterogen meliputi lemak,minyak,steroid,malam (wax), dan senyawa terkait yang berkaitan lebih. Lipid memiliki sifat umum berupa relatif tidak larut dalam air dan larut dalam pelarut nonpolar seperti eter dan kloroform.




Lipid diklasifikasikan menurut komposisi kimianya menjadi :
  1. Lipid sederhana ,Lemak netral,Ester asam lemak dengan berbagi alkohol.
  2. Lipid kompleks/majemuk = Fosfolipida,Glikolipid / glikosfingolipid, Lipid kompleks lain (contohnya sulfolipid,aminolipid,lipoprotein).
  3. LIpid turunan (contohnya asam lemak,gliserol,steroid,aldehida,lemak,vitamin larut lemak,badan beton,hormon,hidrokarbon).
FUNGSI DARI LEMAK ANTARA LAIN :
  1. Sumber energi terbesar
  2. Sumber asam lemak esensial
  3. Alat ukur vitamin larut lemak
  4. Menghemat protein
  5. Memberi rasa kenyang dan kelezatan
  6. Sebagai pelumas
  7. Memelihara suhu tubuh
  8. Sebagai pelindung tubuh
Sumber utama lemak adalah minyak tumbuh-tumbuhan (minyak kelapa,kelapa sawit,jagung,dan lain-lain), mentega, margarin, lemak hewani, kacang-kacangan, susu, keju, serta makanan yang dimasak dengan minyak.

Defenisi lemak dalam tubuh akan mengurangi ketersediaan energi dan mengakibatkan terjadinya katabolisme/perombakan protein. Defenisi asam lemak akan menyebabkan terganggunya pertumbuhan, terjadinya kelainan pada kulit, umumnya pada balita terjadi luka "eczematous" pada kulit. Sedangkan kelebihan lemak berhubungan dengan kenaikan trigliserida dalam plasma (hipertrigliseridemia) juga dikaitkan dengan terjadinya penyakit jantung koroner. Kadar trigliserida plasma banyak dipengaruhi oleh kandungan karbohidrat makanan dan kegemukan.



PROTEIN
Protein pertama kali diperkenalkan oleh ahli kimia Belanda bernama Gerardus Mulder (1802 - 1880). Protein adalah bagian dari semua sel hidup dan merupakan bagian terbesar tubuh sesudah air. Perotein mempunyai berat molekul antara lain lima ribu hingga beberapa juta. Protein terdiri atas rantai-rantai panjang asam amino yang terkait oleh ikatan peptida. Protein diklasifikasikan menjadi :
  • Protein bentuk serabut
  • Protein globular
  • Protein konjungsi

FUNGSI DARI PROTEIN DIANTARANYA :
  1. Membantu proses pertumbuhan dan pemeliharaan
  2. Pembentukan ikatan-ikatan esensial tubuh
  3. Mengatur keseimbangan air
  4. Memelihara netralisme tubuh
  5. Membentuk antibodi
  6. Mengangkat zat-zat gizi
  7. Sumber energi
Sumber protein yang baik adalah bahan makanan hewani seperti telur,susu,daging,unggas,ikan,kepiting, Selain itu , ada juga sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan hasil olanya tahu,tempe, dangan asam amino pembatas metinion. Padi-padian dan hasilnya relatif rendah kandungan protein. Protein tidak komplit dengan asam amino pembetas lisin.

Kekurangan protein dapat menimbulkan penyakit kwashiorkor,marasmus. Sedangkan kelebihan protein akan menimbulkan asidosis,dehidrasi,diare,kenaikan amoniak darah,kenaikan ureum darah,demam dan obesitas.


Nah itulah sedikit materi tentang lemak dan protein yang sempat saya bagikan kepada anda, jika saja materi ini berguna silahkan anda sebarkan materi ini kekerabat terdekat anda atau jika perlu anda bisa menyebarkan materi ini menggunakan social media yang kalian miliki dengan menekan logo "+" anda sudah dapat menyebarkan materi ini agar berguna buat khalayak umum. Dn jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan anda klik disini. Terima kasih atas kunjugan anda diblog sederhana saya ini.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon