Friday, June 16, 2017

Klasifikasi Dan Pengertian Karbohidrat Serta Proses Pencernaan Karbohidrat

Tags

PENGERTIAN KARBOHIDRAT
Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi manusia dan hewan. Pada tumbuhan, glukosa disintesis dari karbondioksida dan air melalui fotosintesis dan disimpan sebagai pati. Hewan dapat menyintesis karbohidrat dari asam amino , tetapi sebagian besar kerbohidrat hewan berasal dari tumbuhan . Karbohidrat diklasifikasikan menjadi :



KLASIFIKASI KARBOHIDRAT

  1. Monosakarida, adalah karbohidrat yang tidak dapat dihidrolisis, menjadi karbohidrat yang lebih sederhana, contohnya adalah glukosa,fruktosa,dan galaktosa.
  2. Diskarida, adalah produk kondensasi dua unit monosakarida, contohnya seperti maltose dan sukrosa.
  3. Oiigosakarida, adalah produk kondensasi tiga sampai sepuluh untimonosakarida, contohnya adalah rafinosa,stakiosa, dan enzim dalam tubuh manusia.
  4. Polisakarida, adalah produk kondensasi lebih dari sepulih untimonosakarida, contohnya adalah pati dan dekstrin.


FUNGSI DARI KARBOHIDRAT ANTARA LAIN :
  • Sebagai sumber energi
  • Pemberi rasa manis pada makanan
  • Penghemat protein
  • Pengatur metabolisme lemak
  • Membantu pengeluaran feses
PROSES PENCERNAAN KARBOHIDRAT
Makanan + enzim amilase - Menghidrolisis pati / amilum - disakarida maltosa - ke lambung - amilase ludah dicerna oleh asam klorida dan enzim pencerna protein - enzim amilase yang dikeluarkan pancreas mencernakan pati menjadi dekstrin dan maltosa - penyelesaian pencernaan karbohidrat - oleh enzim-enzim disakaridase - dikeluakan sel-sel mukosa usus halus, berupa maltase, sukrase dan laktase.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang klasifikasi dan pengertian karbohidrat serta proses pencernaan karbohidrat yang sempat saya tuliskan untuk kalian, jika saja materi ini bermanfaat buat anda silahkan anda sebarkan materi ini melalui social media yang kalian miliki, dengan mengklik  logo "+" yang tepat berada dibawah artikel ini karena secara otomatis materi ini akan tersimpan di dalam beranda social media anda. Dan juga jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan anda klik disini. Penulis juga mengucapkan banyak terima kasih atas waktu anda dalam membaca materi di blog sederhana saya ini. Terima kasih.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon