Tuesday, June 20, 2017

Fungsi Seng Dan Besi Dalam Kesehatan

Tags

SENG
Seng merupakan zat gizi esensial yang telah dikenal lebih dari seratus tahun yang lalu dan telah mendapat perhatian cukup besar akhir-akhir ini, seng sebenarnya berperan penting dalam sintesa DNA,RNA dan protein. Selain itu juga berfungsi dalam pembelahan sel, pertumbuhan dan perbaikan jaringan, meningkatkan daya tahan tubuh , sebagai anti oksidan membantu transport vitamin A dari hati. Seng juga merupakan mineral penting dalam beberapa fungsi susunan syaraf pusat, Defenisi seng dapat menyebabkan perawakan pendek dan hipogonadisme pada anak laki-laki, gangguan pertumbuhan , gangguan fungsi kognitif dan gangguan daya tahan tubuh telah dikenal sebagai kelainan yang sering disebabkan oleh karena kekurangan seng.



Bayi yang baru lahir membutuhkan asupan seng yang cukup diperkirakan kandungan seng yang sangat tinggi pada kolustrum membantu memenuhi kebutuhan ini, Penelitian pada bayi yang mengkomsumsi ASI dan susu formula sapi mendukung pernyataan ini. Hal ini disebabkan selain karena kandungan seng yang lebih tinggi dalam ASI, juga karena seng didalam ASI lebih mudah dicerna.

BESI
Besi merupakan salah satu zat gizi mikro yang mempunyai pengaruh luas dalam aktivitas metabolisme tubuh dan sangat penting dalam proses pertumbuhan. Masa bayi dan anak-anak merupakan masa pertumbuhan yang cepat. Anak usia 6-11 tahun merupakan masa saat merekan mengalami growth spurt (percepatan pertumbuhan) yang kedua setelah masa balita. Kelompok ini rentan terhadap anemia zat besi karena kebutuhan zat besi selama masa ini meningkat dengan adanya pertumbuhan jaringan yang cepat dan kenaikan massa sel darah merah.



Angka kejadian anemia defisiensi besi didunia masih sangat tinggi dan untuk di asia tenggara mencapai 50-70% pada anak-anak.  Anemia besi yang terjadi pada masa bayi dan anak-anak berdampak pada perkembangan mental dan motorik yang kemungkinan akan mempunyai dampak pada masa selanjutnya. Ibu hamilpun memerlukan 1000 mg zat besi yang harus dipenuhi dalam kehamilan agar bayi yang dilahirkan mempunyai cadangan besi yang cukup.


Nah itulah tadi sedikit pembahasan mengenai fungsi dari seng dan besi dalam kesehatan , semoga saja apa yang saya berikan ini berguna buat keperluan akademik anda, DAn jika saja materi ini berguna buat kerabat anda , anda hanya perlu menyebarkan materi ini menggunakan social media yang kalian miliki dengan cara klik logo "+" yang ada dibawah dan pilih dimana anda akan menyebarkan materi ini. Dan jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Terima kasih atas kunjungan anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon