Thursday, June 1, 2017

Contoh Perubahan Fisis Dan Perubahan Kimia

PERUBAHAN FISIS DAN PERUBAHAN KIMIA
Berbagai perubahan materi kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya , es mencair,air menguap,kertas terbakar,besi berkarat, atau makanan menjadi basi. Berbagai macam perubahan materi tersebut dapat digolongkan ke dalam fisis atau perubahan kimia. Perubahan fisis adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat baru. 


Pada perubahan fisis, hakikat zat tidak berubah, yang hanya bentuk atau wujudnya. Sebaliknya, pada perubahan kimia terbentuk zat baru. Berikut ini diberikan beberapa contoh perubahan fisis dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam industri.


Contoh Perubahan Fisis :

  1. es mencair
  2. air menguap
  3. lilin meleleh
  4. beras digiling menjadi tepung
  5. lampu pijar menyala
  6. kawat nikrom dibakar hingga berpijar
  7. mencuci pakaian dengan sabun
  8. memisahkan bensin dari minyak bumi
  9. memisahkan oksigen dari udara
  10. membuat meja dari balok kayu
Contoh Perubahan Kimia :
  1. kertas terbakar
  2. besi berkarat
  3. lilin menyala/terbakar
  4. beras dimasak menjadi nasi
  5. lampu petromaks menyala
  6. pita magnesium dibakar hingga menjadi berpijar
  7. mengelentang pakaian dengan pemutih
  8. membuat plastik dari minyak bumi
  9. membuat pupuk urea dari amonia
  10. membuat sabun dari minyak kelapa

Perhatikan es yang mencair atau yang menguap. Proses itu tidak menghasilkan zat baru bukan? Es,air,dan uap air adalah air (H2O). Es adalah air dalam bentuk padat, sedangkan uap air adalah air dalam bentuk gas . Demikian juga halnya dengan lilin  yang meleleh tidak terbentuk zat baru , Lilin yang meleleh itu segera kembali menjadi lilin padat jika didinginkan .Berbeda halnya jika kita perhatikan kertas yang terbakar (menjadi abu) atau besi yang berkarat dan karat besi tidaklah sama dengan besi. Dapatkah anda menjelaskan setiap contoh perubahan fisis dan perubahan kimia diatas? Untuk lebih memahami perbedaan antara perubahan fisis dan perubahan kimia.


Nah itulah penjelasan singkat tentang perubahan fisis dan perubahan kimia beserta 10 contoh dari masing-masing penjelasan tersebut. Jika artikel ini berguna silahkan anda save dengan car menyebarkannya kesocial media kalian , dan jika anda ingin melihat materi lainya silahkan anda klik disini atau memilih salah satu kategori materi di awal postingan ini.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon