Monday, May 1, 2017

Transkripsi DNA Membentuk RNA

TRANSKRIPSI DNA MEMBENTUK RNA
Selain mampu melakukan replikasi semikonservatif, DNA juga mampu mengkopi dirinya menghasilkan RNA. Prosesnya disebut transkripsi DNA (menyalin diri atau mengkopi diri). Caranya, dua utas DNA berpisah. Salah satu polinukleotida berfungsi sebagai pencetak atau sense, yang lain sebagai gen atau antitense



Misalnya pencetak memiliki urutan basa G-G-S-T-T-A, dan yang berfungsi sebagai gen memiliki urutan basa komplemen S-S-G-A-A-T. Karena pencetaknya G-G-S-T-T-A, maka RNA hasil cetakannya adalah S-S-G-A-A-T (gen), dan merupakan komplemen dari pencetak. Perlu diperhatikan bahwa RNA tidak memiliki basa T, dan sebagai gantinya adalah urasil (U) yang memiliki struktur kimia hampir sama dengan T.

Dengan melakukan transkripsi (pengkopian), urusan basa pada gen disalin menjadi urutan basah ada RNA. Proses ini berlangsung didalam nukleus. DNA tetap berada didalam nukleus, sedang hasil transkripsinya dikeluarkan dan nukleus menuju ke sitoplasma. Ini dimaksudkan agar gen asli tetap terlindung, sementara hasil kopinya ditugaskan untuk melaksanakan pesan-pesan yang dikandungnya.

Pesan-pesan itu berupa urutan basa nitrogen yang ada di RNA. Jika RNA rusak, akan segera diganti dengan hasil kopian yang baru. Perhatikan skema transkripsi DNA


Catatan
ASAM DEOKSIRIBONUKLEAT (DNA)

  1. Terdapat di nukleus,mitokondria,kloroplas,dan virus.
  2. Struktur : asam fosfat,gula deoksiribosa,basa purin : A,G,dan basa pirimidin : S, T, Ikatan khas : A-T, G-S.
  3. Jumlah basa A sama dengan T dan G sama dengan S.
  4. Bentuk DNA : dua utas polinukleotida yang saling berpilin.
  5. Tiap spesies: Panjang RNA berbeda, Urutan basa berbeda.
  6. Kemampuan DNA : replikasi dan transkripsi replikasi menghasilkan DNA baru, Transkripsi menghasilkan RNA.

Nah itu beberapa catatan tentang Transkripsi DNA Membentuk RNA yang telah saya rangkumkan untuk kalian semoga saja catatan kali ini dapat membantu keperluan akademik kalian, jangan lupa bagikan catatan ini ke social media kalian.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon