Saturday, May 27, 2017

Teori Atom Mekanika Kuantum (Model Atom Mutakhir)

TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM (MODEL ATOM MUTAKHIR)
Segera setelah Niels Bohr mengajukan teori atomnya, gagasan tentang partikel radiasi yang dikemukakan oleh Max Planck sudah sangan terkenal. Lois de Broglie, seorang ahli fisika dari perancis memikirkan hal sebaliknya dan pada tahun 1923 mengajukan hipotesis tentang gelombang materi. 


Menurut Loid de broglie , gerakan partikel yang bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya seperti gerakan elektron mengitari inti atom, mempunyai sifat gelombang. Hipotesis Louis de Broglie ini kemudian terbukti benar ketika C. Davidson Dan L. H. Germer di amerika serikat , serta G.P Thomson di inggris menemukan bahwa elektron memberi sifat difraksi sama seperti sinar X. Sifat gelombang dari elektron ini kemudian digunakan pada mikroskop elektron.


Fakta bahwa elektron mempunyai sifat gelombang , mengundang koreksi terhadap model atom Niels Bohr. Jika gerakan elektron menyerupai gerakan gelombang maka lintasannya tidak mungkin berbentuk lingkarandengan jari-jari tertentu . Yang dapat dikatakan adalah kebolehjadian menemukan elektron pada daerah tertentu disekitar inti atom. Pendapat ini dikuatkan oleh Werner Heinsberg dengan azas ketidak-pastiannya yang mengatakan bahwa metode eksperimen apapun yang digunakan , tidak akan dapat menentukan posisi sekaligus energi elektron yang pasti.


Daerah dalam ruang sekitar ini dengan keboleh jadian menemukan elektron disebut orbital. Pada tahun 1926, Erwin Schrodinger, seorang ahli fisika dari austria berhasil merumuskan persamaan gelombang untuk menggambarkan bentuk dan tingkat energi orbital. Model atom yang dikemukakan oleh Schrodinger ini disebut model atom mekanika kuantum atau model atom mutakhir dan merupakan model atom yang diterima hingga dewasa ini.


Model atom mekanika kuantum mempunyai persamaan dengan model atom bohr dalam hal adanya tingkat energi. Perbedaan dari kedua model terletak pada bentuk lintasan elektron bohr menggambarkan lntasan berupa lingkaran dengan jari-jari tertentu. Sedangkan model mekanika kuantum berupa orbital.


EmoticonEmoticon